Fauziah, Wilda (2011) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran ROPES terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Pokok Bahasan Unsur Radioaktif di Kelas XII IPA SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_WILDA FAUZIAH-73262-2011.pdf [thumbnail of final_B1_WILDA FAUZIAH-73262-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_WILDA FAUZIAH-73262-2011.pdf
Download (365kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terdapatnya kesulitan dalam
memahami pelajaran kimia oleh siswa. Hal ini berdampak pada kurangnya
aktivitas dan rendahnya hasil berlajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang
berpusat pada siswa, yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa adalah model pembelajaran ROPES (Review, Overview,
Presentation, Exercise, Summary). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan
pengaruh penerapan model pembelajaran ROPES terhadap hasil belajar kimia
siswa pada pembelajaran kimia pokok bahasan unsur radioaktif. Jenis penelitian
ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Randomized Control
Group Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMA
Negeri 5 Bukittinggi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes
hasil belajar berbentuk tes objektif yang telah diujicobakan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kimia siswa pada kelas
eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dimana nilai rata-rata pada kelas
eksperimen =76,06 dan kelas kontrol= 71,52. Setelah dilakukan uji t pada α= 0,05
didapat thitung= 2,035 dan ttabel=1,67 serta dk= 64. Karena nilai thitung > ttabel, berarti
H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil Observasi cenderung menunjukkan peningkatan
aktivitas belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa
dengan menggunakan model pembelajaran ROPES lebih tinggi dari pada dengan
pembelajaran konvensional pada pokok bahasan unsur radioakti
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 09:10 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 09:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26987 |