Pengembangan Handout Bergambar Disertai Peta Konsep pada Materi Sistem Gerak untuk Siswa SMP Kelas VIII Semester I Kurikulum 2006” ini dengan baik

Erawanti, Wike (2011) Pengembangan Handout Bergambar Disertai Peta Konsep pada Materi Sistem Gerak untuk Siswa SMP Kelas VIII Semester I Kurikulum 2006” ini dengan baik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_WIKE IRAWANTI-83992-2011.pdf] Text
final_B1_WIKE IRAWANTI-83992-2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ketercapaian hasil pembelajaran dapat ditentukan oleh berbagai faktor,
diantaranya adalah kemampuan guru dalam merancang media pembelajaran
yang menarik dan praktis. Banyak jenis media yang dapat dikembangkan oleh
guru, salah satunya berupa handout. Handout merupakan ringkasan materi yang
disiapkan oleh guru dan digunakan sebagai pegangan bagi siswa. Handout ini
membantu siswa merangkum, mencatat dan memahami materi-materi penting
yang terdapat di dalam buku-buku teks. Apabila handout ini dikembangkan
dengan beberapa variasi seperti dengan gambar untuk materi yang abstrak serta
peta konsep yang bertujuan untuk membangun kerangka berfikir siswa yang
sistematis, tentu akan lebih menunjang pemahaman siswa. Berdasarkan hal
tersebut telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan handout
bergambar disertai peta konsep pada materi sistem gerak, serta mengetahui
validitas dan praktikalitas dari handout yang dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan
model 4–D yang dimodifikasi dari Thiagarajan (1974 dalam Trianto, 2010: 93),
yang terdiri dari tahap define, design dan develop. Subjek uji coba handout
adalah 3 orang guru dan 20 orang siswa SMP Negeri 12 Padang kelas VIII. Data
penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari validitas handout dan
praktikalitas handout yang dikembangkan. Data dianalisis dengan analisis
deskriptif berupa persentase.
Dari penelitian dihasilkan produk berupa handout pada materi sistem
gerak. Handout yang dihasilkan berkategori valid baik dari aspek didaktik,
konstruksi dan teknis dengan nilai validitas 87,67%. Handout yang dihasilkan
juga berkategori praktis baik dari segi kemudahan penggunaan, manfaat yang
didapat serta efisiensi waktu dengan nilai praktikalitas dari guru 87,73% dan
dari siswa 88,48% .

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 15 Oct 2025 09:10
Last Modified: 15 Oct 2025 09:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26985

Actions (login required)

View Item
View Item