Sari, Wijayanti Mustika (2011) Strategi Rumah Tangga Penjaga Sekolah Honorer di Kota Padang dalam Menunjang Pendidikan Anak: Studi Kasus Penjaga Sekolah SD Kecamatan Padang Timur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_WIJAYANTI_ MUSTIKA_ SARI_65251_4903_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi
dirinya melalui proses pembelajaran atau cara lain yang dikenal dan diakui oleh
masyarakat. Salah satu lembaga pendidikan formal yang kita kenal adalah
sekolah. Kualitas suatu sekolah ditentukan oleh peranan dari berbagai pihak yang
berada di dalam lingkungan sekolah tersebut. Salah satunya adalah peranan tenaga
kependidikan, seperti penjaga sekolah yang mempunyai tugas dan tanggung jawab
menjaga keamanan sekolah dan memelihara kebersihan di lingkungan sekolah.
Penjaga sekolah khususnya yang berstatus honorer tidak memiliki penghasilan
yang besar, sehingga penghasilan sebagai penjaga sekolah tidak mencukupi semua
kebutuhan rumah tangga apalagi untuk biaya pendidikan anak-anak mereka yang
masih duduk di bangku sekolah. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi rumah tangga penjaga sekolah honorer di
Kota Padang dalam menunjang pendidikan anak. Teori yang digunakan adalah
teori tindakan sosial yang dikemukakan Weber, yaitu tindakan sosial rasional.
Penelitian berlokasi di 5 SD (Sekolah Dasar) di Kecamatan Padang Timur
dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Informan
penelitian adalah kepala rumah tangga yang bekerja sebagai penjaga sekolah,
seluruh anggota rumah tangga, kepala sekolah, guru-guru tempat penjaga sekolah
bekerja, dan staf Dinas Pendidikan Kota Padang. Jumlah informan dalam
penelitian ini adalah 27 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam (Indepth Interview), serta
menguji keabsahan data dengan trianggulasi data dan kemudian menganalisis data
dengan menggunakan model analisis interaktif dari Milles dan Hubermann.
Berdasarkan temuan penelitian, maka dapat disimpulkan hasil penelitian
bahwa untuk meunjang pendidikan anak, rumah tangga penjaga sekolah
melakukan berbagai strategi. Strategi tersebut adalah dengan memotivasi dan
pengawasan orang tua terhadap anak untuk giat belajar dan bersekolah,
mengoptimalisasikan tenaga kerja di rumah tangga dan tidak hanya mengandalkan
penghasilan kepala keluarga, mengatur pengeluaran terhadap konsumsi rumah
tangga serta meminjam kepada orang-orang terdekat terkait biaya pendidikan
anak.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
| Depositing User: | Risna Juita S.IP |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 09:09 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 09:10 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26984 |
