Widyastuti, Widyastuti (2011) Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_WIDYASTUTI_76886_4510_2011.pdf [thumbnail of final_B1_WIDYASTUTI_76886_4510_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_WIDYASTUTI_76886_4510_2011.pdf
Download (171kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat hal sebagai berikut. Pertama,
kurangnya kemampuan siswa dalam membaca, khususnya membaca pemahaman.
Kedua, kurangnya kemampuan siswa dalam menulis, khususnya dalam menulis
paragraf eksposisi. Ketiga, keterbatasan waktu dalam pembelajaran membaca dan
menulis. Keempat, kurangnya kemampuan siswa dalam mengeluarkan ide dan
menuangkan dalam bentuk tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)
mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri
1 Sintuk Toboh Gadang, (2) mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf
eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang, dan (3)
mendeskripsikan hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan menulis
paragraf eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh
Gadang dengan sampel berjumlah 30 orang. Pendekatan yang digunakan adalah
kuantitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis
tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk
mengumpulkan data membaca pemahaman yang dimulai dengan memberikan tes
uji coba sebanyak 50 butir soal kemudian tes sebenarnya sebanyak 30 butir soal.
Sebaliknya tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan
menulis paragraf eksposisi.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan hal-hal
berikut. Pertama, kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang berada pada kualifikasi lebih dari cukup
(69.44%). Kedua, kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang berada pada kualifikasi cukup (62.26%). Ketiga,
terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman
dengan kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Sintuk Toboh Gadang dengan pengujian hipotesis membandingkan nilai thitung
dengan ttabel yang membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 8,63 > 1,70.
Artinya, membaca pemahaman dengan menulis paragraf eksposisi terdapat
hubungan yang signifikan apabila membaca pemahaman siswa tinggi maka
menulis paragraf eksposisi siswa juga tinggi. Sebaliknya, apabila membaca
pemahaman siswa rendah, maka menulis paragraf eksposisi siswa juga rendah
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 09:09 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 09:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26982 |