Efektivitas Pembelajaran Model “Numbered Head Together” Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VIII SMP Negeri 1 Pariangan

Yuannita, Widya (2011) Efektivitas Pembelajaran Model “Numbered Head Together” Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VIII SMP Negeri 1 Pariangan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_WIDYA_YUANNITA_72245_669_2011.pdf] Text
final_B1_WIDYA_YUANNITA_72245_669_2011.pdf

Download (579kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa kurangnya
keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga berpengaruh terhadap
hasil belajar yang masih dibawah standar kelulusan, khususnya pada mata
pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Untuk mengatasi hal tersebut maka
digunakan model Cooperative Learning type Numbered Head Together dalam
proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas
pembelajaran model “numbered head together” terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran PKn kelas VIII SMP Negeri 1 Pariangan. Hipotesis yang diajukan
dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran numbered
head together (NHT) dapat mengefektifkan hasil belajar siswa yang signifikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasi
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Pariangan yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah
125 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive
sampling dengan jumlah sampel 50 orang, yaitu kelas VIII 2 dan VIII 3. Teknik
pengumpulan data adalah tes dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah soal-soal tes dan teknik analisa data menggunakan uji t yang sebelumnya
dilakukan uji normalitas dan homogenitas sampel.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa thitung > ttabel, 4.93 > 0.173, yang
dibuktikan dengan taraf kepercayaan 5 % yang berarti terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan NHT dengan pendekatan
konvensional. Jadi hipotesis yang berbunyi dengan menerapkan model
pembelajaran NHT dapat mengefektifkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 1 Pariangan, diterima.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model NHT sangat
efektif diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada pokok
bahasan pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan dibandingkan
dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 15 Oct 2025 07:58
Last Modified: 15 Oct 2025 07:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26979

Actions (login required)

View Item
View Item