Putri, Roza Englade (2012) Perbandingan Metode Eksperimen dengan Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di SMA Negeri 1 Lunang Silaut. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_ROZA ENGLADE PUTRI_86295.pdf [thumbnail of final_B1_ROZA ENGLADE PUTRI_86295.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_ROZA ENGLADE PUTRI_86295.pdf
Download (531kB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang
pembelajarannya menggunakan metode eksperimen dengan hasil belajar siswa
yang menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran larutan elektrolit dan
nonelektrolit. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain
penelitian Randomized Control Group Only Postest Design yang di perluas, yaitu
kelas eksperimen I (kelas X4) yang menggunakan metode eksperimen dan kelas
eksperimen II (kelas X5) yang menggunakan metode demonstrasi. Dari data yang
diperoleh dianalisis terlihat bahwa, dengan menggunakan metode eksperimen
memiliki nilai rata-rata (76,67) sedangkan yang menggunakan metode
demonstrasi memiliki nilai rata-rata (69,85). Ini berarti bahwa hasil belajar dengan
menggunakan metode eksperimen lebih tinggi dari metode demonstrasi. Dari
perhitungan uji-t diperoleh thitung (2,53) besar dari ttabel (1,67). Dengan demikian
hipotesis kerja dapat diterima dengan dk (78) taraf nyata 0,05, terdapat perbedaan
yang signifikan antara pembelajaran menggunakan metode eksperimen dengan
pembelajaran menggunakan metode demonstrasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 07:58 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 07:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26977 |