Pelaksanaan Tugas Guru Mata Pelajaran dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 2 Padang

Fitri, Roza (2011) Pelaksanaan Tugas Guru Mata Pelajaran dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ROZA_FITRIA_79090_2011.pdf] Text
final_B1_ROZA_FITRIA_79090_2011.pdf

Download (155kB)

Abstract

rja guru mata pelajaran dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan
konseling. Hal ini terlihat dari indikasi, bahwa guru mata pelajaran cendrung
menyerahkan semua permasalahan siswa kepada guru BK, sehinggga antara guru
mata pelajaran dengan guru BK tidak tercipta mitra kerja yang baik dalam
pelayanan bimbingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
pelaksanaan tugas guru mata pelajaran dalam pelayanan bimbingan dan konseling
di SMP Negeri 2 Padang berkaitan dengan memasyarakatkan pelayanan BK,
mengidentifikasi siswa yang memerlukan pelayanan bimbingan dan konseling,
mengalihtangankan siswa yang memerlukan pelayanan, membantu
mengembangkan suasana kelas, memberikan kesempatan kepada siswa yang
mengikuti pelayanan, berpartisipasi dalam kegiatan khusus dan membantu dalam
pengumpulan informasi yang diperlukan dalam pelayanan bimbinga dan
konseling.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah
guru mata pelajaran SMP Negeri 2 Padang yang bertugas pada tahun ajaran
2009/2010 sebanyak 65 orang guru mata pelajaran. Instrument penelitian yang
digunakan adalah angket, dan diolah dengan dengan teknik persentase.
Temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) pada umumnya guru mata
pelajaran sudah melaksanakan tugasnya dalam memasyarakatkan pelayanan, (2)
pada umunya guru mata pelajaran sudah melaksanakan tugasnya dalam
mengidentifikasi siswa yang memerlukan pelayanan, (3) pada umunya guru mata
pelajaran sudah melaksanakan tugasnya dalam mengalihtangankan siswa yang
memerlukan pelayanan, (4) pada umunya guru mata pelajaran sudah
melaksanakan tugasnya dalam mengembangkan suasana kelas, yang mendukung
pengembangan potensi siswa, (5) pada umumnya guru mata pelajaran sudah
melaksanakan tugasnya dalam memberikan kesempatan dan kemudahan kepada
siswa yang memerlukan pelayanan, (6) hampir separoh dari jumlah guru mata
pelajaran sudah melaksanakan tugasnya dalam berpartisipasi dalam kegiatan
khusus, (7) pada umunya guru mata pelajaran sudah melaksanakan tugasnya
dalam pengumpulan informasi yang diperlukan dalam pelayanan bimbingan dan
konseling. Berdasarkan temuan tersebut diharapkan guru mata pelajaran dapat
mempertahankannya, dan pada tugas-tugas tertentu dapat ditingkatkan lagi dalam
pelayanan bimbingan dan konseling, agar terciptanya mitra kerja yang baik antara
guru BK dengan guru mata pelajaran. Selain itu guru BK juga diharapkan untuk
dapat melibatkan guru mata pelajaran dalam pelayanan bimbingan dan konseling
yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 15 Oct 2025 07:18
Last Modified: 15 Oct 2025 07:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26970

Actions (login required)

View Item
View Item