Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas V SDN 01 Batang Palupuh Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam

Lestarina, Roza (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas V SDN 01 Batang Palupuh Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ROZA_LESTARINA_50573_2011.pdf] Text
final_B1_ROZA_LESTARINA_50573_2011.pdf

Download (229kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran IPA
masih berpusat pada guru. Siswa menjadi pasif dan tidak kreatif yang
mengakibatkan rendahnya hasil belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan inkuiri pada siswa kelas V SD
Negeri 01 Batang Palupuh Kecamatan Palupuh.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action
research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang
dilakukan dengan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data
penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari
hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPA tentang
gaya magnet di kelas V SDN 01 Batang Palupuh Kecamatan Palupuh Kabupaten
Agam. Subjek penelitian adalah guru dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada : a) rata-rata skor aspek afektif
siswa pada siklus I adalah 74,44 % termasuk kriteria cukup, siklus II meningkat
menjadi 88,84 % termasuk kriteria sangat baik, b) rata-rata skor aspek psikomotor
siswa pada siklus I adalah 74,06 % termasuk kriteria cukup, pada siklus II
meningkat menjadi 88,81 % termasuk sangat baik, dan c) rata-rata skor aspek
kognitif siswa pada siklus I adalah 74,37 % dengan 10 siswa (62,5 %) yang
mencapai standar ketuntasan minimal, pada siklus II meningkat menjadi 89,93 %
dengan 15 siswa (93,75%) siswa yang mencapai standar ketuntasan minimal yang
telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka pendekatan inkuiri
dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran IPA, karena dalam penerapannya
siswa terlibat langsung dalam menemukan pengetahuan yang bermakna bagi
dirinya yang nantinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari serta dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 15 Oct 2025 07:19
Last Modified: 15 Oct 2025 07:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26965

Actions (login required)

View Item
View Item