Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start with a Question dalam Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMA N 2 Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya

Mesra, Roza (2011) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start with a Question dalam Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMA N 2 Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ROZA_MESRA_68080_5607_2011.pdf] Text
final_B1_ROZA_MESRA_68080_5607_2011.pdf

Download (515kB)

Abstract

Pada tahun 2009/2010 guru Sejarah di SMA Negeri 2 Koto Baru
dihadapkan pada kenyataan rendahnya aktivitas belajar Sejarah siswa dalam
mengikuti pem-belajaran di kelas. Cara yang diperkirakan dapat membantu untuk
meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar adalah
menggunakan model pembelajaran aktif tipe Learning Start With A Question.
Menggunakan model pembelajaran LSQ ini akan membuat semua siswa
berpartisipasi secara aktif untuk memecahkan masalah yang dihadapi
kelompoknya. Dengan demikian, diharapkan aktivitas belajar siswa juga dapat
ditingkatkan. Oleh karena itu dilaksanakan suatu tindakan kelas dengan judul
’’Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui model pembelajaran aktif tipe
learning start with a question di SMA N 2 Koto Baru.. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah: Apakah kegiatan belajar mengajar menggunakan model
pembelajaran aktif tipe learning start with a question dapat meningkatkan aktivitas
siswa selama proses belajar mengajar?
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam
dua siklus, masing-masing terdiri dari empat tahapan kegiatan, yaitu :
Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi atau refleksi. Data
yang dikumpulkan berupa peningkatan aktivitas siswa dalam belajar sejarah.
Sedangkan alat pengumpulan berupa ceklis. Teknik analisa data menggunakan
teknik statistik deskriptif persentase dengan rumus P=(F/N)X100%. Sumber data
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS1 SMA N 2 Koto Baru,
Dharmasraya.
Penelitian ini menemukan bahwa siswa telah lebih aktif didalam kelas.
Dengan kata lain, pembelajaran model Learning Start With A Question terbukti
efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran seajarah
.Berdasarkan hasil
penelitian
dapat disimpulkan bahwa pemberian
pembelajarandengan menggunakan model Learning Start With A Question dapat
meningkatkan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran dan
dapat membuat pembelajaran berjalan menyenangkan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 15 Oct 2025 07:19
Last Modified: 15 Oct 2025 07:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26964

Actions (login required)

View Item
View Item