Sagita, Widya (2012) Masalah-Masalah yang Dialami Siswa Kelas Akselerasi dan Upaya Mengatasinya: Studi Deskriptif terhadap Siswa Kelas Akselerasi di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_WIDYA SAGITA_83226_2012.pdf [thumbnail of final_B1_WIDYA SAGITA_83226_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_WIDYA SAGITA_83226_2012.pdf
Download (416kB)
Abstract
Siswa kelas akselerasi adalah siswa yang memiliki IQ tinggi (di atas 125)
dapat mempersingkat waktu belajarnya dan mempunyai kemampuan yang lebih
tinggi dibanding siswa di kelas regular. Kondisi belajar yang berbeda itu tentunya
mengakibatkan timbulnya masalah-masalah yang akan mengganggu proses
kegiatan belajar mengajar, serta keefektifan hidup sehari-hari siswa akselerasi
tersebut. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan masalah-masalah yang
dialami siswa kelas akselerasi yang berkenaan dengan masalah diri pribadi,
hubungan sosial, pendidikan dan pembelajaran, dan karir serta upaya yang
dilakukan siswa dan guru BK dalam mengatasi masalah yang dialami siswa kelas
akslerasi di SMA Negeri 1 Payakumbuh.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yaitu menggambarkan
keadaan atau situasi apa adanya. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas
akselerasi yang berjumlah 50 orang dan guru BK bagi siswa akselerasi yaitu 2
orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengadministrasikan instrumen
penelitian yang berbentuk angket dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis
dengan teknik persentase dan untuk wawancara dengan naratif.
Temuan penelitian mengungkapkan masalah yang banyak dialami siswa
kelas akselerasi di SMA N 1 Payakumbuh adalah masalah karir dan diri pribadi,
diikuti masalah hubungan sosial dan masalah pendidikan pembelajaran. Dalam
mengatasi masalahnya siswa memilih menyelesaikan sendiri masalahnya sendiri
dan ada yang meminta bantuan orang lain, terutama teman sebaya. Upaya yang
dilakukan guru BK membantu mengatasi masalah siswa sudah dilaksanakan
melalui berbagai layanan, dan hasilnya belum optimal.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru BK supaya lebih
mengoptimalkan lagi layanan yang diberikan kepada siswa, misalnya membuat
program khusus untuk siswa akselerasi sesuai dengan kebutuhan siswa, agar guru
BK lebih bisa memanfaatkan waktu yang ada supaya bisa memberikan layanan
bimbingan dan konseling kelompok pada siswa. Kepada pimpinan sekolah agar
memberikan dukungan kepada guru BK dan menyediakan fasilitas penunjang
untuk pelaksanaan kegiatan BK.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 07:18 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 09:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26963 |