Syafitri, Roza (2010) Pengaruh Penerapan Teknik Multi Level Learning (MLL) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 1 Ranah Pesisir. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_ROZA_SYAFITRI_44489_416_2010-mipa.pdf [thumbnail of final_B1_ROZA_SYAFITRI_44489_416_2010-mipa.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_ROZA_SYAFITRI_44489_416_2010-mipa.pdf
Download (173kB)
Abstract
Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar fisika adalah proses belajar
mengajar yang masih bersifat konvensional dimana guru dianggap sebagai gudang
ilmu dan mendominasi kegiatan belajar, siswa cenderung pasif dan kurang
berpartisipasi dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari aktifitas siswa yang hanya
mencatat, mendengar, mengerjakan tugas yang diberikan guru, dan hanya sedikit
siswa yang bertanya serta memberikan tanggapan terhadap materi yang diberikan,
sehingga proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal. Salah satu teknik
yang dapat digunakan agar pembelajaran optimal adalah dengan teknik Multi
Level Learning (MLL). Teknik Multi Level Learning (MLL) adalah proses
pembelajaran bertingkat yang melibatkan siswa menjadi model yang menarik bagi
siswa lainnya. Pembelajaran dengan teknik Multi Level Learning (MLL) ini akan
meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar, rasa percaya diri siswa dan
kemampuan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh
Penerapan teknik Multi Level Learning (MLL) terhadap Hasil Belajar Fisika
Siswa Kelas XI SMAN 1 Ranah Pesisir. Permasalahan penelitian ini adalah “
apakah terdapat pengaruh Penerapan teknik Multi Level Learning (MLL) terhadap
Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 1 Ranah Pesisir?”.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu
dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi
penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA N 1 Ranah Pesisir tahun
pelajaran 2009/2010. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
cluster random sampling, sehingga diperoleh dua kelas yang menjadi sampel
yaitu kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA4 sebagai kelas
eksperimen. Instrumen untuk mengukur hasil belajar siswa dalam aspek kognitif
dengan soal berupa tes objektif. Teknik Analis data yang dipakai dalam aspek
kognitif adalah uji kesamaan dua rata-rata menggunakan rumus uji t.
Berdasarkan hasil tes akhir diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen
71,96 dan kelas kontrol 64,22. Dari analisis data diperoleh harga t hitung 3,03,
sedangkan t tabel pada taraf kepercayaan 95% dan dk = 62 adalah 2,00. Hasil
analisis data menunjukkan t hitung lebih besar dari t tabel, sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kedua
kelas sampel, artinya terdapat pengaruh Penerapan teknik Multi Level Learning
(MLL) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 1 Ranah Pesisir.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 07:18 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 07:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26961 |