Zaki, Puad (2011) Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan oleh Guru di SMK Negeri 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_PUAD ZAKI-94112-2012.pdf [thumbnail of final_B1_PUAD ZAKI-94112-2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_PUAD ZAKI-94112-2012.pdf
Download (222kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang permasalahanpermasalahan
yang dialami guru dalam penerapan komponen KTSP yaitunya
dalam menerapkan silabus dan RPP berdasarkan KTSP serta usaha-usaha untuk
mengatasinya.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif
yang tidak mengkaji hipotesa, tetapi hanya menggambarkan apa adanya suatu
variabel, gejala/keadaan. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SMK
Negeri 1 Pariaman yang berjumlah 71 orang. Teknik analisa data diperoleh
dengan cara perhitungan persentase secara manual.
Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan mununjukkan bahwa
penerapan komponen KTSP yang dilakukan oleh guru di SMK Negeri 1
Pariaman, ternyata secara umum para guru masih mengalami permasalahan
apakah itu dalam rangka menerapkan silabus ataupun menerapkan RPP. Bentuk
permasalahan yang dialami guru di SMK Negeri 1 Pariaman adalah Menerapkanan
prinsip aktual dan kontekstual pada pengembangan silabus, Mengidentifikasi materi
standar pada pengembangan silabus silabus, Melakukan penilaian berkala pada
pengembangan silabus, Mengidentifikasi kebutuhan pada pengembangan RPP,
Menerapkan prinsip kesesuaian pada pengembangan RPP, Menentukan sumber belajar
pada pengembangan RPP.
Penyebab permasalahan-permasalahan yang muncul pada penerapan silabus dan
RPP di SMK Negeri 1 Pariaman ini antara lain; Masih rendahnya pemahaman guru
terhadap KTSP dalam penerapan silabus dan RPP, sehingga mereka cenderung sulit
untuk menganalisis, mengidentifikasi, serta mengaktualisasikan kompetensi-kompetensi
yang ada pada silabus dan RPP sesuai dengan tuntutan KTSP di sekolah mereka. Masih
minimnya sarana dan prasarana penunjang, sehingga proses penerapan silabus dan RPP
itu dalam aplikasi kegiatan pembelajaran sering terkendala dan bahkan karena
keterbatasan sarana dan prasarana penunjang ini, pencapaian kompetensi mencaji sulit
untuk dicapai. Masih rendahnya kemampuan guru dalam pemanfaatan perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada, sehingga mereka cenderung memakai cara
konvensional dan lama, sehingga proses penerapan silabus dan RPP berjalan monoton
dan tidak bervariasi.
Pada umumnya guru-guru di SMK N 1 Pariaman pernah mengalami masalah
dalam penerapan silabus dan RPP berdasarkan tuntutan KTSP, untuk itu para guru di
SMK Negeri 1 Pariaman berusaha mengatasi semua masalah dalam penerapan silabus
dan RPP tersebut dengan belajar, mencari literatur tentang KTSP, mendiskusikan masalah
dengan kelompok kerja guru, serta berusaha untuk mengikuti pelatihan dan seminar
tentang KTSP, usaha-usaha tersebut dilakukan dengan tujuan guru dapat lebih memahami
dan mengerti, sehingga masalah-masalah yang mungkin timbul dalam penerapan
komponen KTSP dapat diatasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KURUKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 07:18 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 09:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26959 |