Rozalinda, Rozalinda (2011) Peningkatan Aktivitas Siswa Membuat Hiasan Dinding dengan Sulaman Melekatkan Benang Melalui Strategi Cooperative Learning Tipe Explicit Instruction Kelas VIII 1 di SMP N I Lareh Sago Halaban. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ROZALINDA_51250_3664_2011.pdf
Download (204kB)
Abstract
Masalah aktivitas belajar siswa dalam menghias gambar dinding,
disebabkan oleh strategi pembelajaran yang diterapkan guru kurang tepat dengan
pembelajaran membuat hiasan dinding dengan sulaman melekatkan benang.
Aktivitas belajar siswa dalam penelitian ini dapat dilihat dari tiga indikator kinerja
yaitu: Visual activities pada sub indikator, membaca dan memperhatikan, Oral
activities pada sub indikator bertanya dan mengeluarkan pendapat, drawing activities
pada sub menggambar dan emotional activities pada sub indikator bersemangat dan
berani. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa
membuat hiasan dinding dengan sulaman melekatkan benang kelas VIII I di SMPN I
Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari
II siklus setiap siklus tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa SMP N I
Lareh Sago Halaban yang berjumlah 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data,
observasi, analisis data secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa melalui
strategi cooperative learning tipe explicit instruction dapat meningkat, dilihat dari
indikator kinerja yaitu: Indikator visual activities pada siklus I rendah , pada siklus II
meningkat 81%. Indikator oral activities pada siklus I sedang, pada siklus II
meningakat 83%. Indikator drawing activities pada siklus I sedang, pada siklus II
meningkat. Indikator emotional activities pada siklus I sedang, pada siklus II
meningkat. Rata–rata persentase empat indikator pada siklus I sedang dan pada
siklus II meningkat, ini berarti aktivitas siswa telah mencapai target ketercapaian
yaitu 80%. Jadi dengan strategi cooperative learning tipe explicit instruction dalam
proses pembelajaran dapat ditingkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran
menghias gambar dinding dengan sulaman melekatkan benang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 07:17 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 07:17 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26958 |
