Elvia, Melisa (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Hidrokarbon Kelas X SMA Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MELISA ELVIA_05132.pdf [thumbnail of final_B1_MELISA ELVIA_05132.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MELISA ELVIA_05132.pdf
Download (1MB)
Abstract
Proses Pembelajaran yang dilakukan di kelas X masih banyak
menggunakan ceramah dan tanya jawab, dalam pembelajaran umumnya lebih
didominasi oleh guru atau bersifat ”teacher centered”. Salah satu cara yang dapat
digunakan untuk meningkatkan kreatifitas siswa adalah dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS).
Model ini memberi kesempatan kepada siswa untuk mencari penyelesaian dari
permasalahan yang ada secara berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi hidrokarbon. Jenis penelitian
ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized
Control Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa
kelas X yang terdaftar pada semester II tahun ajaran 2011/2012 SMA Negeri 8
Padang yang terdiri 8 kelas. Sampel penelitian diambil dari anggota populasi
dengan teknik purposive sampling. Maka diperoleh kelas X5 sebagai kelas
eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan
dengan pemberian tes di akhir penelitian. Dari hasil penelitian terlihat bahwa
kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Thinking Aloud Pair
Problem Solving memiliki nilai rata-rata 69,90 dengan kelas yang menggunakan
pembelajaran konvensional 58,44. Hasil uji normalitas dan homogenitas dari
kedua kelas sampel diperoleh bahwa kedua kelas sampel terdistribusi normal dan
mempunyai varians yang tidak homogen. Maka uji hipotesis yang digunakan
adalah uji-t’. Setelah dilakukan uji-t’ dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif Thinking Aloud Pair Problem
Solving hasil belajar lebih tinggi secara signifikan daripada menggunakan
pembelajaran ceramah dan tanya jawab pada materi hidrokarbon di kelas X SMA
Negeri 8 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 07:17 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 07:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26955 |