Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas V SD Negeri 16 Anduring Kota Padang

Meliarnis, Meliarnis (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas V SD Negeri 16 Anduring Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MELIARNIS_90456_3014_2011.pdf] Text
final_B1_MELIARNIS_90456_3014_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran membaca bertujuan agar siswa mampu dalam membaca
serta gemar dalam membaca. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan
terhadap siswa kelas V SD Negeri 16 Anduring Kota Padang, ditemukan
bahwa kemampuan membaca intensif bagi siswa masih rendah. Pengunaan
pendekatan kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD)
merupakan salah satu cara untuk memecahkan masalah dalam proses
pembelajaran membaca intensif. Tujuan penelitian adalah untuk
mendeskripsikan dan mengembangkan penggunaan pendekatan kooperatif
tipe STAD dalam pembelajaran membaca intensif meliputi pembelajaran
tahap prabaca, saat baca, dan pascabaca.
Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas
(classroom ection research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Rancangan penelitian ini meliputi: perencanaan tindakan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, peneliti
bertindak sebagai praktisi yang berkolaborasi dengan teman sejawat sebagai
pengamat. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi,
wawancara, dan catatan lapangan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini,
dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif yaitu
dengan beberapa tahap: menelaah data, reduksi data, menyajikan data,
mengumpulkan hasil.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan
kooperatif tipe STAD terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan
membaca intensif pada siswa kelas V SD Negeri 16 Anduring Kota Padang.
Hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan membaca intensif yang
dilakukan siswa pada setiap pertemuan dalam masing-masing siklus, nilai
pada siklus I adalah 69% maka penilaian pada siklus I belum tuntas. Pada
siklus II nilai proses yang didapat adalah 76 %. Peningkatan kemampuan
membaca intensif pada siswa berimbas pada peningkatan nilai membaca.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 15 Oct 2025 07:17
Last Modified: 15 Oct 2025 09:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26954

Actions (login required)

View Item
View Item