Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) dan Two Stay Two Stray (Tsts) pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di Man 2 Batusangkar

Machrabby, Yenita (2011) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) dan Two Stay Two Stray (Tsts) pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di Man 2 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YENITA  MACHRABBY_84226_2011.pdf] Text
final_B1_YENITA MACHRABBY_84226_2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran yang berpusat pada guru kurang memberikan akses yang lebih pada peserta didik atau siswa.Salah satu solusi yaitu pembelajaran kooperatif, dua diantaranya adalah pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan Two Stay Two Stray. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan TSTS pada pokok bahasan Hidrokarbon di MAN 2 Batusangkar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Batusangkar yang terdaftar pada semester II tahun pelajaran 2010/2011. Rancangan penelitian Randomized Control-Group Pre-test-Post-test Design yang diperluas karena tidak menggunakan kelas kontrol. Nilai rata-rata hasil belajar kimia pada kelas eksperimen I lebih tinggi daripada kelas eksperimen II dimana nilai rata-rata kelas eksperimen I = 35,63 dan kelas eksperimen II = 34,06. Berdasarkan uji statistik α = 0,025 diperoleh thitung = 3,48 dan ttabel = 2,00 serta dk = 65. Karena nilai thitung > ttabel berarti H0 ditolak dan berarti hipotesis kerja (H 1 ) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan Two Stay Two Stray pada pokok bahasan Hidrokarbon di MAN 2 Batusangkar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 15 Oct 2025 07:17
Last Modified: 15 Oct 2025 07:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26952

Actions (login required)

View Item
View Item