Efektifitas Media Miniatur dalam Meningkatkan Pengenalan Sarana Transportasi pada Mata Pelajaran IPS Bagi Anak Tunagrahita Ringan

Susan, Mela Aria (2010) Efektifitas Media Miniatur dalam Meningkatkan Pengenalan Sarana Transportasi pada Mata Pelajaran IPS Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MELIA_ARIA_SUSAN_72212_2011.pdf] Text
final_B1_MELIA_ARIA_SUSAN_72212_2011.pdf

Download (361kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengematan penulis dalam pembelajaran IPS di
kelas DII/C SLB N Center Payakumbuh tentang pengenalan sarana tranportasi, guru
belum optimal menggunakan media miniatur dalam proses belajar mengajar. Terlihat
bahwa anak belum mampu mengenal, membedakan dan menyebutkan nama sarana
transportasi yang bermanfaat bagi kita semua, sehingga dalam proses pembelajaran
memerlukan media, khususnya berupa media miniatur. Penelitian ini bertujuan untuk
membuktikan efektivitas penggunaan media miniatur dalam mengenalkan sarana
transportasi pada mata pelajaran IPS bagi anak tunagrahita ringan kelas DII/C SLB
N Center Payakumbuh.
Hipotesis penelitian ini menggunakan kriteria pengujian Ha diterima jika Uhit >
Utab Ho ditolak jika Uhit ≤ Utab dalam membuktikan media miniatur lebih efektif
digunakan dibandingkan dengan menggunakan media gambar dalam mengenalkan
sarana transportasi pada mata pelajaran IPS bagi anak tunagrahita ringan kelas DII/C
SLB N Center Payakumbuh.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Eksperimen dengan desain
matching pratest-posttes control group desing ( desain kelompok kontrol pretestposttest
berpasangan ). Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelas DII/C SLB N
Center Payakumbuh. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis
berupa soal objektif sebanyak 10 buah yang dibacakan secara lisan, dan data yang
diperoleh dianalisis menggunakan uji u mann-whitney.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Uhit = 2 dan pada taraf signifikan 95%
atau alfa = 0,05 diperoleh U tab = 0 untuk n = 8. Berdasarkan hasil tersebut maka
kriteria pengujian Uhit > Utab, terpenuhi, artinya ha di terima dan ho di tolak, hal ini
membuktikan bahwa media miniatur lebih efektif digunakan dalam mengenalkan
sarana transportasi pada mata pelajaran IPS bagi anak tunagrahita ringan DII/C SLB
N Center Payakumbuh. Maka dari itu penulis menyarankan kepada guru untuk
memilih media yang sesuai dengan karakteristik anak dalam belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 15 Oct 2025 07:17
Last Modified: 15 Oct 2025 09:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26951

Actions (login required)

View Item
View Item