Marzeki, Rozi (2009) Pengaruh Latihan Hexagon Drill dan Zig-zag Run Terhadap Peningkatan Kelincahan Atlet Tenis PTL UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ROZI MAEZEKI_49126_2009.pdf
Download (185kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh latihan
hexagon drill dan zig-zag run terhadap peningkatan kelincahan Atlet tenis PTL
(Pelatihan Tenis Lapangan) UNP Padang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian
ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan hexagon drill dan zig-zag
run terhadap peningkatan kelincahan Atlet tenis PTL UNP Padang.
Populasi penelitian ini adalah seluruh Atlet tenis PTL UNP sebanyak 20
orang, terdiri dari 12 putra dan 8 putri. Seluruh populasi dijadikan sampel dengan
cara total sampling. Penelitian ini dilakukan di lapangan tenis UNP Air Tawar pada
tanggal 6 Februari - 17 Maret 2009. Sampel diberikan perlakuan latihan hexagon
drill dan zig-zag run selama enam (6) minggu, sebelum latihan diambil data
kelincahan (pre-test) dan sesudah akhir latihan diambil data kelincahan (post-test)
kemudian data dianalisa dengan T test yang sebelumnya diuji normalitas dahulu
dengan uji liliefors.
Berdasarkan data pre-test dan pos-test kelincahan Atlet PTL UNP Padang
maka didapatlah hasil uji normalitas data pre-test dan pos-test untuk putra dan putri
yang seluruh data terdistribusi normal. Selanjutnya hasil t-test menunjukkan thitung :
2,26 > ttabel: 1,80 untuk putra dan thitung : 4,70 > ttabel : 1,90 untuk putri. Nilai ini
mengindikasikan bahwa program latihan hexagon drill dan zig-zag run yang
diberikan pada sampel memberikan pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan
kelincahan atlet tennis putra dan putrid PTL UNP.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | S Sport |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 07:17 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 07:17 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26950 |
