Meldawati, Meldawati (2011) Meningkatkan Kognitif Anak Melalui Permainan Kalender di TK Pertiwi Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MELDAWATI_95775_3347_2011.pdf [thumbnail of final_B1_MELDAWATI_95775_3347_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MELDAWATI_95775_3347_2011.pdf
Download (189kB)
Abstract
Perkembangan kognitif anak melalui permainan kalender masih rendah,dalam
mengenal angka,menyebut angka dan mencari angka dengan harapan dan tujuan
peneliti membuat sebuah permainan kalender agar dapat meningkatkan kognitif
anak.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Action
Reseach) yaitu suatu penelitian yang dilakukan oleh guru didalam kelasnya untuk
meningkatkan proses pembelajaran yang lebih optimal, dengan menggunakan
subjek penelitian anak TK Pertiwi kelompok B3 dengan jumlah 21 orang anak.
Data penelitian diperoleh melalui observasi dan wawancara, teknik yang
digunakan dalam pengumpulan data adalah melakukan observasi dan format hasil
penilaian anak.
Penelitian ini dilakukan dalam II siklus, hasil penelitian setiap siklus telah
menunjukan adanya peningkatan perkembangan kognitif anak dari siklus I yang
pada umumnya masih rendah dengan nilai rata-rata 50% setelah dilakukan
tindakan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 93%.
Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa
terjadinya peningkatan perkembangan kognitif anak melalui permainan kalender,
sebelum tindakan rata-rata yang diperoleh 12% anak yang mencapai nilai baik,
setelah tindakan mengalami peningkatan 93% pada table 4.1. Maka dengan
kesimpulan ini dapat diambil bahwa dengan adanya permainan kalender dapat
meningkatkan kognitif anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 07:16 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 09:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26945 |