Penggunakan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pkn Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13 Simpang Haru Kecamatan Padang Timur Kota Padang

Meldawati, Meldawati (2008) Penggunakan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pkn Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13 Simpang Haru Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MELDAWATI 81506-08.pdf] Text
final_B1_MELDAWATI 81506-08.pdf

Download (148kB)

Abstract

guru kurang menggunakan metode sehingga siswa bosan dalam pembelajaran,
sehingga hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn rendah, ini terlihat pada rata-rata
nilai semester I siswa yaitu 5.5. Mengatasi permasalahan tersebut salah satu cara yang
dapat dilakukan guru adalah dengan penggunaan metode diskusi. Adapun rumusan
masalah dari penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pembelajaran PKn dengan
menggunakan metode diskusi? Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran PKn dengan
menggunakan metode diskusi ? dan bagaimana hasil belajar pembelajaran PKn dengan
menggunakan metode diskusi? metode diskusi dapat memupuk dan melatih keberanian
siswa, memupuk daya cipta dan belajar menghargai pendapat orang lain, sehingga dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan merupakan penelitian
tindakan kelas. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara
peneliti dan guru kelas. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah
observasi dan tes akhir.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan metode diskusi dapat
meningkatkan hasil pembelajaran PKn. Pembelajaran dengan menggunakan metode
diskusi dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut yaitu: 1) langkah
persiapan, 2) pelaksanaan diskusi, dan 3) menutup diskusi. Penelitian ini menunjukkan
adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan
menggunakan metode diskusi, hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar
siswa pada siklus I adalah 6.8 meningkat menjadi 7,2 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 15 Oct 2025 02:56
Last Modified: 15 Oct 2025 02:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26944

Actions (login required)

View Item
View Item