Pembuatan Penuntun dan Instrumen Penilaian Praktikum Berkarakter pada Materi Organisasi Kehidupan untuk SMP Kelas VII Semester 2 Berdasarkan Kurikulum 2006

Delka, Melda Akhliva (2012) Pembuatan Penuntun dan Instrumen Penilaian Praktikum Berkarakter pada Materi Organisasi Kehidupan untuk SMP Kelas VII Semester 2 Berdasarkan Kurikulum 2006. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MELDA AKHLIVA DELKA-01857.pdf] Text
final_B1_MELDA AKHLIVA DELKA-01857.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan kegiatan praktikum di sekolah membutuhkan panduan/penuntun
dan instrumen penilaian praktikum. Di SMPN I Kubung, panduan praktikum yang
digunakan belum sesuai dengan panduan praktikum yang seharusnya. Pada
instrumen penilaian praktikum yang digunakan, penilaian keterampilan proses dan
produknya kurang terlihat. Seiring dengan program pendidikan karakter oleh
pemerintah yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah dan UU, upaya
pembentukan karakter peserta didik harus terus diupayakan dalam proses
pembelajaran. Dengan demikian, sudah selayaknya digunakan penuntun dan
instrumen penilaian praktikum yang berkarakter. Berdasarkan hal tersebut,
dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan penuntun dan instrumen
penilaian praktikum berkarakter yang valid dan praktis.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan
melalui tiga tahapan dari 4-D models. yaitu tahap define (pendefinisian), design
(perancangan),dan develop (pengembangan). Subjek ujicoba penelitian ini adalah
enam orang guru dari empat sekolah di Kota dan Kabupaten Solok serta 22 orang
siswa Kelas VIIII SMPN I Kubung Kabupaten Solok. Data pada penelitian ini
merupakan data primer yang diambil dari data hasil uji validitas dan uji
praktikalitas, yang dianalisis dengan analisis deskriptif.
Penelitian ini menghasilkan penuntun dan instrumen penilaian praktikum
berkarakter yang valid dan praktis pada materi Organisasi Kehidupan untuk SMP.
Penuntun praktikum berkarakter memiliki nilai validitas 84,46%, dengan kriteria
valid serta nilai praktikalitas 83,6% menurut guru dan 80,42% menurut siswa
dengan kriteria praktis. Instrumen penilaian praktikum berkarakter memiliki nilai
validitas 85,23% dengan kriteria valid dan nilai praktikalitas 81,6% dengan
kriteria praktis.
i

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 15 Oct 2025 02:56
Last Modified: 15 Oct 2025 02:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26943

Actions (login required)

View Item
View Item