Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas X SMAN 2 Painan Tahun Pelajaran 2010/2011

Febrianti, Mel (2011) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas X SMAN 2 Painan Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MEL FEBRIANTI-86151-2011.pdf] Text
final_B1_MEL FEBRIANTI-86151-2011.pdf

Download (457kB)

Abstract

Berdasarkan observasi di SMAN 2 Painan, hasil belajar matematika siswa
masih rendah. Hal ini disebabkan antara lain karena aktivitas siswa kurang terarah
dan siswa terlihat jenuh dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini
peneliti menerapkan “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games
Tournament (TGT)”. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)
Bagaimanakah aktivitas siswa kelas X SMA Negeri 2 Painan Tahun Pelajaran
2010/2011 dalam pembelajaran matematika selama diterapkan pembelajaran
kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT)? (2) Apakah hasil belajar
matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Painan Tahun Pelajaran 2010/2011
yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT)
lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional?. Hipotesis
yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Rata-rata hasil belajar matematika
siswa selama pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) lebih
baik dari rata-rata hasil belajar siswa selama pembelajaran konvensional pada
kelas X SMA Negeri 2 Painan Tahun Pelajaran 2010/2011.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan model rancangan
Randomized Control Group Only Design untuk hasil belajar dan deskriptif untuk
aktivitas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Painan.
Sedangkan sampelnya diambil secara acak, dengan kelas �� SMAN 2 Painan
sebagai kelas eksperimen dan kelas �� SMAN 2 Painan sebagai kelas kontrol.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar
observasi.
Dari analisis data hasil belajar diperoleh rata-rata hasil belajar kelas
eksperimen adalah 69,32 dan kelas kontrol 58,78. Dari analisis data diperoleh
P-Value = 0.002. Untuk α = 0,05 maka P-value < α, berarti hipotesis penelitian
diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas
X SMAN 2 Painan yang pembelajarannya menerapkan model TGT lebih baik dari
pada hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 2 Painan yang belajar dengan
pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil observasi, selama proses
pembelajaran terjadi peningkatan aktivitas siswa. Meskipun ada yang meningkat
dan menurun namun terjadi kecendrungan peningkatan terhadap jumlah siswa
yang aktif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 15 Oct 2025 02:22
Last Modified: 15 Oct 2025 02:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26939

Actions (login required)

View Item
View Item