Hubungan antara Hasil Belajar Teori dengan Hasil Belajar Praktek Mata Diklat Perbaikan Sistem Pengapian di SMK S8 Pertiwi Tahun Ajaran 2010 / 2011

Ikhwan, Rudi (2010) Hubungan antara Hasil Belajar Teori dengan Hasil Belajar Praktek Mata Diklat Perbaikan Sistem Pengapian di SMK S8 Pertiwi Tahun Ajaran 2010 / 2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RUDI IKHWAN-53104-2012.pdf] Text
final_B1_RUDI IKHWAN-53104-2012.pdf

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hasil belajar teori
perbaikan sistem pengapian terhadap hasil belajar praktek perbaikan sistem
pengapian di SMK S8 Pertiwi Tahun Ajaran 2010 / 2011. dan untuk mengetahui
kecendrungan hasil belajar teori perbaikan sistem pengapian terhadap hasil belajar
praktek perbaikan sistem pengapian. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi yang mengalami kemajuan pesat dan berpengaruh sangat besar dalam
dunia pendidikan sehingga dituntut untuk menghasilkan lulusan siap kerja.
Sampel adalah bagian dari populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas
XII sebanyak 66 orang yang diambil. Metode penelitian ini adalah penilitian
korelasional, yaitu untuk mencari hubungan antara variabel tanpa memberikan
perlakuan yang berbeda antar kelas. Dalam mengumpulkan data hasil belajar teori
perbaikan sistem pengapian dilakukan dengan hasil belajar pada mid semester di
kelas III jurusan otomotif tahun ajaran 2010/2011.
Pengujian hipotesis menggunakan product moment yang memberikan hasil
yaitu : terdapat hubungan antara hasil belajar teori sistem pengapian terhadap hasil
belajar praktek perbaikan sistem pengapian pada siswa kelas III jurusan teknik
otomotif di SMK S8 Pertiwi Tahun Ajaran 2010/2011. Hasil belajar teori perbaikan
sistem pengapian dengan rata – rata sebesar X= 36,79 dengan Hasil belajar praktek
perbaikan sistem pengapian dengan nilai tinggi sebesar Y =70,01. Hasil belajar teori
perbaikan sistem pengapian berhubungan dengan hasil belajar praktek perbaikan sistem
pengapian koefisien korelasinya adalah r hitung = 0,0000272 yaitu jika dibandingkan dengan r
tabel sebesar 5 % ; r hitung < r tabel maka hipotesis diterima, sehingga ada hubungan hasil
belajar perbaikan sistem pengapian secara signifikan terhadap hasil belajar praktek
sistem pengapian.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 14 Oct 2025 08:59
Last Modified: 14 Oct 2025 08:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26923

Actions (login required)

View Item
View Item