Faktor-faktor Pendukung Arah Pilihan Karir Siswa SMA N 7 Sijunjung

Rofika, Widola (2011) Faktor-faktor Pendukung Arah Pilihan Karir Siswa SMA N 7 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_WIDOLA_ROFIKA_79048_430_2011.pdf] Text
final_B1_WIDOLA_ROFIKA_79048_430_2011.pdf

Download (141kB)

Abstract

Siswa SMA berada pada periode remaja diharapkan mampu memenuhi tugastugas
perkembangannya. Salah satu tugas perkembangan itu adalah mempersiapkan
karir untuk masa akan datang. Kenyataannya masih banyak siswa yang ragu-ragu dan
tidak tahu arah pilihan karirnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang
faktor-faktor pendukung arah pilihan karir siswa SMA N 7 Sijunjung.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jenis
penelitian deskriptif dengan menggunakan angket sebagai alat pengumpul data.
Populasi penelitian ini sebanyak 98 orang dan subjek penelitian berjumlah 98 orang
siswa kelas IX SMA N 7 Sijunjung, dengan menggunakan teknik total sampling.
Sedangkan untuk pengolahan data digunakan teknik persentase.
Dari hasil penelitian terlihat bahwa 1) Faktor yang mendukung arah pilihan
karir siswa IPA dari segi internal, yang lebih menonjol yaitu minat dan siswa IPS
faktor yang mendukung arah pilihan karir dari segi internal yang lebih menonjol yaitu
sifat. Dari semua siswa faktor pendukung yang lebih menonjol yaitu sifat, 2) Faktor
yang mendukung arah pilihan karir siswa dari segi eksternal, yang lebih menonjol
yaitu lingkungan sekolah, siswa IPA dan siswa IPS. Dari semua siswa faktor
pendukung arah pilihan karir yang lebih menonjol yaitu lingkungan sekolah, 3)
Hampir sebagian siswa IPA menyebutkan arah pilihan karir dibidang kesehatan,
sedangkan siswa IPS sekitar sepertiga dari mereka memilih arah pilihan karirnya
adalah pendidikan. Artinya arah pilihan karir siswa SMA N 7 Sijunjung cenderung
memilih bidang kesehatan dan pendidikan.
Disarankan kepada : 1) Kepala sekolah diharapkan meningkatkan
pengetahuan keterampilan siswa sebagai bahan dasar untuk melanjutkan ke arah
pendidikan yang tepat, 2) Guru mata pelajaran diharapkan dapat memberikan
informasi arah karir siswa sesuai dengan arah pilihan karir masing-masing untuk
setiap mata pelajaran yang diajarkan, 3) Guru pembimbing atau konselor sekolah
diharapkan dapat memberikan informasi karir yang lebih lengkap sehingga membantu
mereka menentukan arah karirnya

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 14 Oct 2025 08:59
Last Modified: 14 Oct 2025 08:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26922

Actions (login required)

View Item
View Item