Widiawati, Widiawati (2013) Pengaruh Penerapan Strategi Active Learning Tipe The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Sago. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_WIDIAWATI_ 04071_1730_2013.pdf [thumbnail of final_B1_WIDIAWATI_ 04071_1730_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_WIDIAWATI_ 04071_1730_2013.pdf
Download (815kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih kurangnya sarana dan prasarana
untuk menunjang proses pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di
SMP Negeri 1 Padang Sago, sehingga pembelajaran hanya dliakukan di kelas
saja.Kurang tertariknya siswa dengan pembelajaran konvensional dan masih
berpusat pada guru (Teacher Centre) serta proses pembelajaran masih
menggunakan metode ceramah, sehingga hasil belajar siswa tidak sesuai dengan
yang diharapkan. Untuk mengatasi hal itu maka diterapkan strategi Active
Learning Tipe The Power Of Two dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penerapan strategi
Active Learning Tipe The Power Of Two terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran TI&K di kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Sago.Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat quasy eksperiment. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Sago yang berjumlah
151 orang yang terdiri dari empat kelas. Teknik penarikan sampel menggunakan
purposive sampling, yaitu kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas
VIII.1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan tes hasil belajar, dengan alat pengumpul data yaitu lembaran soal
tes dan lembar jawaban siswa. Data yang diperoleh diolah dengan uji perbedaan
(t-tes) yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji
homogenitas dengan uji Barlet.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok
eksperimen yang menerapkan strategi Active Learning Tipe The Power Of Two
sebesar 73,55 dan SD 8,59, nilai rata-rata kelompok kontrol 67,24 dan SD 8,79.
Hasil perhitungan t-tes diperoleh thitung 3,12 sedangkan ttabel untuk taraf
kepercayaannya 0.05 adalah 2,000, sehingga thitung > ttabel. Maka terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan strategi
Active Learning Tipe The Power Of Two (kelas eksperimen) dengan hasil belajar
siswa yang menggunakan model konvensional (kelas kontrol). Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Active Learning Tipe The Power Of
Two berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran
TI&K di SMP Negeri 1 Padang Sago.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 | 
| Depositing User: | Risna Juita S.IP | 
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 08:57 | 
| Last Modified: | 14 Oct 2025 08:57 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26907 | 
 
         