Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII.6 Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw di SMP Negeri 31 Padang

Hasanah, Widia (2011) Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII.6 Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw di SMP Negeri 31 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_WIDIA_HASANAH_83510_4523_2011.pdf] Text
final_B1_WIDIA_HASANAH_83510_4523_2011.pdf

Download (222kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan
kemampuan berbicara siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 31 Padang dengan
menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw. Penganalisisan data dilakukan secara
deskriptif-analitis sesuai dengan penerapan konsep penelitian tindakan kelas.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 31 Padang yang
berjumlah 37 orang.
Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus
dilaksanakan dalam dua kali pertemuan tatap muka. Setiap siklus dilaksanakan
melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian
berupa tes unjuk kerja, hasil lembar observasi, dan hasil angket respon siswa
terhadap pembelajaran kemampuan berbicara siswa kelas VIII.6 menggunakan
metode kooperatif tipe jigsaw di SMP Negeri 31 Padang tahun ajaran 2010/2011.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, metode
kooperatif tipe jigsaw dalam dua siklus (empat kali pertemuan tatap muka) dapat
meningkatkan secara signifikan keterampilan berbicara siswa kelas VIII.6 SMP
Negeri 31 dengan rata-rata peningkatan 11,5%. Kedua, siswa kelas VIII-6 SMP
Negeri 31 Padang menilai positif penerapan metode kooperatif tipe jigsaw dalam
pembelajaran berbicara.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 14 Oct 2025 08:57
Last Modified: 14 Oct 2025 08:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26904

Actions (login required)

View Item
View Item