Peningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Media Gambar Pada Teks Bacaan Bagi Siswa Kelas IV SD 03 Batung Kota Padang

Trisna, Trisna (2011) Peningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Media Gambar Pada Teks Bacaan Bagi Siswa Kelas IV SD 03 Batung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_TRISNA_90261_2206_2011.pdf] Text
final_B1_TRISNA_90261_2206_2011.pdf

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan, yaitu lemahnya kemampuan membaca pemahaman siswa SD 03 Batung. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional sehingga siswa kurang berminat mengikuti pembelajaran. Untuk itu penulis tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran membaca pemahaman siswa SD 03 Batung melalui media gambar pada teks bacaan. Media gambar merupakan sarana yang dapat membantu proses belajar mengajar, sarana itu mencapai proses pembelajaran siswa dan dapat membuat pembelajaran menarik dan relatif lebih mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan, dan bentuk penilaian belajar siswa dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran membaca pemahaman pada teks bacaan. Penelitian ini dilakukan pada semester II Tahun Ajaran 2009-2010 mulai tanggal 21 September 2010 sampai 28 September 2010. Jenis penelitian ini adalah PTK (Classroom Action Research), penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 03 Batung Kecamatan Bungus Kota Padang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan pencatatan lapangan, observasi, dan evaluasi (tes). Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dari evaluasi tindakan siklus I rata-rata persentase siswa yakni 71 %, sedangkan pada evaluasi tindakan siklus II rata-rata persentase yakni 80 %. Hasil pengamatan terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan media gambar pada teks bacaan dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Pemahaman, Media Gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 14 Oct 2025 04:38
Last Modified: 14 Oct 2025 04:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26901

Actions (login required)

View Item
View Item