Yusiska, Trioktia (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Berita dengan Pembelajaran Kontekstual Teknik Pemodelan Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_TRIOKTIA_YUSISKA_86364_4717_2011.pdf [thumbnail of final_B1_TRIOKTIA_YUSISKA_86364_4717_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_TRIOKTIA_YUSISKA_86364_4717_2011.pdf
Download (737kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispsikan dan menganalisis peningkatan keterampilan menulis berita dengan pembelajaran kontekstual teknik pemodelan siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan dilihat dari unsur 5W+1H (what, who, why, when, where, how). Pembelajaran menulis berita biasanya dilaksanakan tanpa menggunakan teknik pembelajaran yang sesuai sehingga membuat siswa mengalami kesulitan dalam memahami unsur 5W+1H dalam menulis berita. Kontekstual teknik pemodelan diharapkan dapat meningkatkan keterampilan menulis berita siswa. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa hasil tes tertulis siswa, hasil observasi, hasil angket respon siswa, dan hasil catatan lapangan dalam pembelajaran. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat unsur, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi/pengamatan, (4) refleksi. Penelitian ini dirancang dilaksanakan dalam bentuk siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam menulis berita dengan pembelajaran kontekstual teknik pemodelan. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan rata-rata keterampilan menulis berita siswa dari prasiklus sampai siklus 2. Pada tahap prasiklus, nilai rata-rata siswa yaitu 44,44% dengan kualifikasi kurang, pada siklus 1 meningkat menjadi 60,37% dengan kualifikasi cukup, dan pada siklus 2 nilai rata-rata keterampilan menulis berita siswa meningkat menjadi 86,67% dengan kualifikasi baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa teknik pemodelan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis berita, meskipun ada beberapa orang siswa yang belum mengalami peningkatan dan perubahan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis Berita, Pembelajaran Kontekstual Teknik Pemodelan |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 04:38 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 04:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26897 |