Pengembangan Media Pembelajaran Prezi pada Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik di SMK Dhuafa Nusantara Padang

Rahman, Ruki (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Prezi pada Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik di SMK Dhuafa Nusantara Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_Ruki Rahman.pdf] Text
final_B1_Ruki Rahman.pdf

Download (3MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu potensi yang dapat digunakan
dalam mendukung proses pembelajaran. Proses pembelajaran pada mata pelajaran
menganalisis rangkaian listrik belum optimal dalam mencapai tujuan pembelajaran
sesuai dengan SK dan KD. Dengan, belum optimalnya proses pembelajaran maka
dilakukan pengembangan media pembelajaran prezi yang dapat digunakan dalam
pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mengetahui validitas,
praktikalitas, dan efktifitas media pembelajaran prezi yang digunakan pada mata
pelajaran MRL di SMK Dhuafa Nusantara Padang .
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan
pengembangan R&D (Research & Development). Penelitian pengembangan ini
menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian
(Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran
(Dessiminate). Subjek penelitian ini adalah media pembelajaran pada mata pelajaran
MRL yang dikembangkan terbatas pada kompetensi dasar konsep dasar rangkaian
listrik. Responden untuk uji coba praktikalitas dan efektivitas adalah siswa kelas X
TITL dan guru mata pelajaran MRL. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada dua orang dosen Teknik
Elektro dan guru MRL sebagai validator. Data praktikalitas menggunakan angket
praktikalitas yang disebarkan kepada guru MRL dan siswa kelas X TITL. Data
efektivitas diperoleh dari hasil posttest siswa kelas X TITL .
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data validitas dari tim validator yaitu
validator 1 sebesar 83,7%, validator 2 sebesar 86,25% dan validator 3 sebesar
86,25% dengan kategori secara keseluruhan valid. Hasi uji praktikalitas guru
diperoleh sebesar 84,5% dan siswa sebesar 87,84%. Hasil uji efektivitas 88,46%.
Dengan demikian penelitian ini telah menghasilkan media pembelajaran MRL yang
valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 14 Oct 2025 04:37
Last Modified: 14 Oct 2025 04:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26892

Actions (login required)

View Item
View Item