Peningkatan  Hasil  Belajar  Operasi  Pengurangan  Pecahan  Berpenyebut  Tidak  Sama dengan  Belajar  Kooperatif  Tipe  STAD di  Kelas  V  Sekolah  Dasar Negeri 03  Binuang Kampung dalam Kecamatan Pauh Kota Padang.

Tridawati, Tridawati (2011) Peningkatan  Hasil  Belajar  Operasi  Pengurangan  Pecahan  Berpenyebut  Tidak  Sama dengan  Belajar  Kooperatif  Tipe  STAD di  Kelas  V  Sekolah  Dasar Negeri 03  Binuang Kampung dalam Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_TRIDAWATI_10507_3721_2011.pdf] Text
final_B1_TRIDAWATI_10507_3721_2011.pdf

Download (507kB)

Abstract

Berdasarkan  pengalaman  peneliti  selama  mengajar  di  kelas  V  SD  Negeri  03  Binuang  Kampung Dalam  Kecamatan  Pauh  Kota  Padang  menunjukkan  bahwa pembelajaran  operasi  pengurangan  pecahan berpenyebut  tidak  sama  masih  dilaksanakan  secara  konvensional.  Sehingga  siswa  kurang  aktif  dalam belajar  dan  hasil  yang  diperolehnyapun  rendah.  Untuk  itu  peneliti  merumuskan  permasalahannya  yaitu “Bagaimanakah  peningkatan  hasil  belajar  operasi  pengurangan  pecahan  berpenyebut  tidak  sama dengan  belajar  kooperatif  tipe  STAD  di  kelas  V  SD  Negeri  03  Binuang Kampung  Dalam  Kecamatan  Pauh Kota Padang. Penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan  kelas  (action  reserch)  dibidang  pendidikan  dan pembelajaran  operasi  pengurangan  pecahan  berpenyebut  tidak  sama  dengan  pendekatan  kualitatif  dan kuantitatif.  Rancangan  penelitian  ini  meliputi  (1)  perencanaan  (2)  pelaksanaan  (3)  pengamatan  (4) refleksi. Kegiatan penelitian meliputi (1) penyajian  kelas, (2) kegiatan belajar kelompok, (3)  pemeriksaan hasil  kerja  kelompok,  (4)  tes  individu,  (5)  pemeriksaan  hasil  tes,  dan  (6)  Penghargaan  kelompok. Penelitian  dilaksanakan  dalam  dua  siklus,  dilakukan  secara  kolaboratif  antara  peneliti  dan  guru.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Binuang Kampung Dalam sebanyak 25 orang. Hasil  penelitian  yang  dilaksanakan  dalam  dua siklus  menunjukkan  bahwa  dengan  belajar kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar operasi pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama  di  kelas  V  SD  Negeri  03  Binuang  Kampung  Dalam.  Hal  ini  dapat  dilihat  dari  (1)  sumber,  (2) kemampuan  siswa  untuk  mengungkapkan  ide  atau  gagasan  dan  membandingkannya  dengan  gagasan orang  lain,  (3)  kemampuan siswa  dalam  bekerja  sama,  (4)  kemampuan  siswa  untuk  bertanggung  jawab untuk  diri  sendiri  dan  orang  lain,  dan  (5)  ketuntasan  belajar  yang  semula  hanya  52%  pada  siklus  I meningkat  menjadi  81,1  %  pada  akhir  siklus  II  pada  penilaian  kognitif.  Pada  penilaian  afektif  siklus  I hanya  mencapai  60%  dan  meningkat  pada  siklus  II menjadi  81%,  serta  untuk  penilaian  psikomotor meningkat  dari  60%  menjadi  77%  pada  siklus  II.  Dengan  demikian,  penilitian  tindakan  kelas  untuk meningkatkan  pembelajaran  kooperatif  tipe  STAD  perlu  diterapkan  dan  dikembangkan  dalam  rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil  Belajar, Operasi  Pengurangan  Pecahan  Berpenyebut  Tidak Sama Dengan  Belajar  Kooperatif  Tipe  STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 14 Oct 2025 03:11
Last Modified: 14 Oct 2025 03:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26888

Actions (login required)

View Item
View Item