Tridawati, Tridawati (2011) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Pengurangan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama dengan Belajar Kooperatif Tipe STAD di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Binuang Kampung dalam Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_TRIDAWATI_10507_3721_2011.pdf
Download (507kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajar di kelas V SD Negeri 03 Binuang Kampung Dalam Kecamatan Pauh Kota Padang menunjukkan bahwa pembelajaran operasi pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama masih dilaksanakan secara konvensional. Sehingga siswa kurang aktif dalam belajar dan hasil yang diperolehnyapun rendah. Untuk itu peneliti merumuskan permasalahannya yaitu “Bagaimanakah peningkatan hasil belajar operasi pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama dengan belajar kooperatif tipe STAD di kelas V SD Negeri 03 Binuang Kampung Dalam Kecamatan Pauh Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action reserch) dibidang pendidikan dan pembelajaran operasi pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Rancangan penelitian ini meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Kegiatan penelitian meliputi (1) penyajian kelas, (2) kegiatan belajar kelompok, (3) pemeriksaan hasil kerja kelompok, (4) tes individu, (5) pemeriksaan hasil tes, dan (6) Penghargaan kelompok. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Binuang Kampung Dalam sebanyak 25 orang. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus menunjukkan bahwa dengan belajar kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar operasi pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama di kelas V SD Negeri 03 Binuang Kampung Dalam. Hal ini dapat dilihat dari (1) sumber, (2) kemampuan siswa untuk mengungkapkan ide atau gagasan dan membandingkannya dengan gagasan orang lain, (3) kemampuan siswa dalam bekerja sama, (4) kemampuan siswa untuk bertanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain, dan (5) ketuntasan belajar yang semula hanya 52% pada siklus I meningkat menjadi 81,1 % pada akhir siklus II pada penilaian kognitif. Pada penilaian afektif siklus I hanya mencapai 60% dan meningkat pada siklus II menjadi 81%, serta untuk penilaian psikomotor meningkat dari 60% menjadi 77% pada siklus II. Dengan demikian, penilitian tindakan kelas untuk meningkatkan pembelajaran kooperatif tipe STAD perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Operasi Pengurangan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama Dengan Belajar Kooperatif Tipe STAD |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 03:11 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 03:12 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26888 |
