Pengaruh Penggunaan Teknik Objek Langsung Berbasis Media Audio Visual terhadap Kemampuan Mengapresiasi Pementasan Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang

Fardila, Yeni (2014) Pengaruh Penggunaan Teknik Objek Langsung Berbasis Media Audio Visual terhadap Kemampuan Mengapresiasi Pementasan Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YENI_ FARDILA_17324_1447_2014.pdf] Text
final_B1_YENI_ FARDILA_17324_1447_2014.pdf

Download (644kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengapresiasi pementasan drama siswa setelah diberi perlakuan teknik objek langsung berbasis media audio visual dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik objek langsung berbasis media audio visual terhadap kemampuan mengapresiasi pementasan drama siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh penggunaan teknik objek langsung berbasis media audio visual terhadap kemampuan mengapresiasi pementasan drama siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah sati kelas diberikan tes di awal (pretest) kemudian diberi perlakuan dan diberikan tes akhir (posttest) disebut juga dengan (The One Group Pretest-Posttest). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik bertujuan (purposive sampling). Tes yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah hasil apresiasi pretest dan posttest kemampuan mengapresiasi pementasan drama sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan menggunakan teknik objek langsung berbasis media audio visual siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh penggunaan teknik objek langsung berbasis media audio visual terhadap kemampuan mengapresasi pementasan drama siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. Pertama, kemampuan mengapresiasi pementsan drama dengan menggunakan teknik konvensional berkualifikasi hampir cukup dengan nilai rata-rata 61,66. Kedua, kemampuan mengapresiasi pementasan drama dengan media audio visual siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang berada pada kualifikasi dengan nilai rata-rata 78,70. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan. Dengan kata lain, kemampuan mengapresiasi pementasan drama siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang sudah tuntas atau telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TEKNIK OBJEK LANGSUNG, MEDIA AUDIO VISUAL, PEMENTASAN DRAMA
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 14 Oct 2025 01:03
Last Modified: 14 Oct 2025 01:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26871

Actions (login required)

View Item
View Item