Yunita, Yeni (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Koloid di SMA Adabiah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_YENI YUNITA-73222-2011.pdf [thumbnail of final_B1_YENI YUNITA-73222-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_YENI YUNITA-73222-2011.pdf
Download (141kB)
Abstract
Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Accelerated Instruction (TAI). Dalam pembelajaran kooperatif tipe TAI siswa berdiskusi dalam memahami materi dan dalam mengerjakan latihan dilakukan secara individu. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan koloid kelas XI di SMA. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan pada pokok bahasan koloid di kelas XI SMA Adabiah Padang daripada hasil belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan populasi penelitian siswa kelas XI IPA SMA Adabiah Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2009/2010. Sampel adalah kelas XI IPA4 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata 0,05. Perhitungan uji-t diperoleh thitung 1,743 sedangkan t tabel = 1,67. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima karena harga thitung > t tabel sehingga tolak H0 pada taraf nyata 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kimia siswa kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional pada materi koloid.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 01:03 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 01:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26869 |