Roza, Yeni (2011) Analisis CD Interkatif Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VII SMP N 31 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_YENI ROZA_78963_2011.pdf [thumbnail of final_B1_YENI ROZA_78963_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_YENI ROZA_78963_2011.pdf
Download (198kB)
Abstract
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak difokuskan pada teori dan praktek, Untuk itu, guru harus menentukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran tersebut, dan guru harus merencanakan apa yang akan dilakukan dalam rangka membelajarkan siswa, dengan metode maupun media yang digunakan dalam pembelajaran. CD Interaktif berisikan materi pelajaran yang akan dipelajari siswa yang terdiri dari konsep-konsep, kesimpulan dan latihan-latihan. Dalam penulisan konsep, kesimpulan dan latihan tersebut diberi kombinasi warna yang dapat menarik perhatian, minat siswa dan motivasi belajar. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana tampilan CD Interaktif tersebut dan mendeskripsikan kesesuaian isi CD Interaktif terhadap komponen kurikulum pada mata pelajaran TIK. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena berusaha mengungkap dan memahami fakta-fakta sesuai kenyataan tanpa melakukan interfensi terhadap kondisi yang terjadi mengenai CD Interaktif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 31 Padang. Instrumen yang digunakan adalah skala penilaian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik penilaian Evaluatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa CD Interakatif yang digunakan SMP N 31 Padang masih ada ketidak sesuaian dengan pedoman CD Interaktif yang benar, yaitu masih meninggalkan hal-hal yang penting seperti identitas Pembelajaran yang menyangkut Standar Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian agar siswa mengetahui apa yang mereka pelajari begitu juga indikator penting lainnya. Dari hasil penelitian yang peneliti teliti terhadap CD Interaktif yang digunakan di SMP Negeri 31 Padang, masih ada kekurangan/ketidak sesuaian, terutama pada pencantuman Komponen Kurikulum seperti Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian yang masih belum sesuai dengan bentuk Disain CD Interaktif yang baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 01:03 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 01:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26868 |