Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran MASTER terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Jujuhan.

Frisca, Nopa (2011) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran MASTER terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Jujuhan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NOPA_FRISCA_79481_1355_2011.pdf] Text
final_B1_NOPA_FRISCA_79481_1355_2011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalampemahaman fakta, yang mana disebabkan oleh pembelajaran” Teacher Oriented” .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan modelpembelajaran MASTER terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran Sejarah di SMANegeri 1 Jujuhan. Manfaat penelitian ini adalah mendorong guru sejarah berinovasidalam menggunakan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajarsejarah siswa dalam pemahaman fakta.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana data diperolehmelalui Eksperimen langsung pada siswa SMA N I Jujuhan . Populasi penelitian iniadalah siswa kelas XI IPS SMA N I Jujuhan yang berjumlah 72 orang. Pemilihansampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan Randomisasi atau dengan carapengundian. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak 2 kelas yaitu satu untuk kelaseksperimen dan satu lagi untuk kelas kontrol. Setelah dilakukan penelitian didapatbahwa pencapaian kelas Eksperimen lebih tinggi dari kelas Kontrol. ini terlihat darinilai rata-rata yaitu 22,05 kelas eksperimen dan 20,26 kelas kontrol, begitu pulapada nilai rata-rata indikator pemahaman fakta yaitu mengilutrasikan, lebih tinggikelas eksperimen dari pada kelas kontrol yaitu 11,11 kelas eksperimen dan 10,34kelas kontrol. Demikian juga dengan indikator menyimpulkan, rata-rata kelaseksperimen 10,95 dan kelas Kontrol 9,91.Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan modelpembelajaran MASTER terhadap hasil belajar sangat baik digunakan dalam prosesbelajar mengajar karena dengan menerapkan model ini akan membuat siswaterlibat secara aktif dalam menemukan sendiri makna fakta dari materi yangdipelajarinya sehingga tercapai lah pembelajaran bermakna. Penulis menyarankanagar guru hendaknya dapat menerapkan berbagai strategi, metode, pendekatan danvariasi dalam proses belajar mengajar agar siswa terlibat secara aktif dalam prosesbelajar mengajar dan untuk sekolah agar dapat menyediakan buku sumber.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN MASTER, HASIL BELAJAR SISWA, PELAJARAN SEJARAH
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 14 Oct 2025 01:02
Last Modified: 14 Oct 2025 01:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26848

Actions (login required)

View Item
View Item