Meningkatkan Tata Cara Makan Menggunakan Sendok melalui Teknik Modelling pada Anak Tunagrahita sedang: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas D 1 C 1 SLB Syekh Muhammad Saad Mungka

Hanggesta, Noni (2012) Meningkatkan Tata Cara Makan Menggunakan Sendok melalui Teknik Modelling pada Anak Tunagrahita sedang: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas D 1 C 1 SLB Syekh Muhammad Saad Mungka. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NONI HANGGESTA 58457-2010.pdf] Text
final_B1_NONI HANGGESTA 58457-2010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang ada di lapangan, bahwaanak tunagrahita sedang kelas D 1 C 1 SLB Syekh Muhammad Saad Mungka yangberjumlah 2 orang belum mampu melakukan tata cara makan menggunakan sendokdengan baik, dimana anak sewaktu makan ketika mengangkat sendok yang berisimakanan menunju kerah mulut sering tumpah dan berserakan. Dengan demikianpenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tata cara makan menggunakan sendok padaanak tunagrahita sedang melalui teknik modelling di kelas D 1 C 1 SLB SyekhMuhammad Saad Mungka.Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas(Classroom Action Research). Data mengenai hasil tata cara makan menggunakansendok melalui teknik modelling diperoleh melalui observasi, diskusi, tes lisan, testulisan, perbuatan, dan studi dokumentasi. Peneliti melakukan kolaborasi dengan temansejawat. Subjek penelitian adalah dua orang siswa tunagrahita sedang kelas D 1 C 1SLB Syekh Muhammad Saad Mungka.Proses penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yaitu siklus I denganenam kali pertemuan dan siklus II dengan lima kali pertemuan. Pelaksanaan siklusdimulai dari siklus pertama dengan melakukan langkah-langkah tata cara makanmenggunakan sendok yang baik dan sopan melalui teknik modelling dengan perolehanhasil Yy (50%), Dn (55%) dan Ft (50%). Hasil dari siklus I ini dikategorikan belumberhasil maka, dilanjutkan pada siklus kedua. Pada siklus kedua upaya meningkatkantata cara makan menggunakan sendok melalui teknik modelling masih sama sepertilangkah-langkah tata cara makan menggunakan sendok pada siklus I dengan perolehanhasil Yy (70%), Dn (75%) dan Ft (65%). Hasil pembelajaran tata cara makanmenggunakan sendok melalui teknik modelling meningkat dengan memperoleh hasilsesuai yang di harapkan.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa teknikmodelling dapat digunakan untuk meningkatkan tata cara makan menggunakan sendokpada anak tunagrahita sedang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN TATACARA MAKAN, ANAK TUNAGRAHITA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BD Speculative Philosophy
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 13 Oct 2025 07:23
Last Modified: 14 Oct 2025 01:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26839

Actions (login required)

View Item
View Item