Marlina, Yeni (2009) Penerapan Model Interaktif dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas X SMAN 7 Padang Tahun Pelajaran 2008/2009. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_YENI MARLINA-46689-2011.pdf [thumbnail of final_B1_YENI MARLINA-46689-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_YENI MARLINA-46689-2011.pdf
Download (227kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemui di SMAN 7 Padang bahwa hasil belajar matematika siswa kelas X masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah keterlibatan siswa dalam membangun konsep matematikanya masih kurang dan pemanfaatan pengetahuan dasar yang mereka miliki dalam proses pembelajaran belum optimal. Salah satu upaya yang diperkirakan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa adalah dengan menerapkan model interaktif yang menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS). Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model interaktif yang menggunakan LKS di kelas X SMAN 7 Padang Tahun Pelajaran 2008/2009. Pertanyaan penelitian adalah bagaimanakah hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model interaktif yang menggunakan LKS di kelas X SMAN 7 Padang Tahun Pelajaran 2008/2009. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan The One-Shot Case Study. Subjek penelitian adalah kelas X 4 SMAN 7 Padang Tahun Pelajaran 2008/2009 sebanyak 39 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan penilaian LKS dan tes hasil belajar. Hasil penelitian dianalisis menggunakan statistika deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa dari LKS mengalami peningkatan, dengan nilai rata-rata setiap pertemuan adalah 59,77, 60,23, 69,97, dan 71,92. Hasil tes matematika siswa juga sudah cukup baik dengan rata-rata 63,77. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model interaktif yang menggunakan LKS pada pembelajaran matematika di kelas X SMAN 7 Padang cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL INTERAKTIF, LEMBAR KERJA SISWA, PEMBELAJARAN MATEMATIKA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 07:22 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 07:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26834 |