Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathmetic Education (RME) pada Siswa Kelas IV SD Angkasa II Lanud Tabing Kota Padang

Handayani, Sri (2011) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathmetic Education (RME) pada Siswa Kelas IV SD Angkasa II Lanud Tabing Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SRI_HANDAYANI_90236_2011.pdf] Text
final_B1_SRI_HANDAYANI_90236_2011.pdf

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena pada pebelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama di kelas IV SD Angkasa II Lanud Tabing kota Padang guru belum mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa, dan pada awal pembelajaran tidak didahului dengan memberikan permasalahan yang nyata bagi siswa sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM yang telah ditentukan sekolah yaiu 65. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama, yang dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan model simbolik, tahap penjelasan dan alasan, dan tahap penutup. Penelitian ini dilaksanakan di SD Angkasa II Lanud Tabing kota Padang, dengan jumlah siswa 30 orang, yang terdiri 10 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Jenis penelitian ini yaitu PTK dengan menggunakan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi. Kegiatan pembelajaran ini dilakukan pada dua siklus dengan materi penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama. Data penelitian berupa informasi tentang hasil pengamatan terhadap perencanaan, pelaksanaan dan hasil tes siswa setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan Hasil belajar yang didapat pada siklus 1 pada aspek kognitif, afektif, psikomotor dapat dijabarkan secara berturut-turut yaitu 65,83 %, 69,26 67,70 % , hal tersebut berarti bahwa hasil belajar siswa masih pada kategori cukup sehingga dibutuhkan siklus II dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 81, 66 % 86,44%, 86,25% dan. jadi didapat kesimpulan bahwa dengan menggunakan pendekatan RME pada materi penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dapat meningkathan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Realistik (RME), Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 13 Oct 2025 07:21
Last Modified: 14 Oct 2025 01:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26827

Actions (login required)

View Item
View Item