Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 3 Koto XI Tarusan

Handayani, Sri (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 3 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SRI_HANDAYANI_86347_5082_2011.pdf] Text
final_B1_SRI_HANDAYANI_86347_5082_2011.pdf

Download (341kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan kemampuan membaca pemahaman menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 3 Koto XI Tarusan. Pengumpulan data dilakukan melalui dua alat utama, yaitu tes dan nontes. Tes digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan membaca pemahaman, sedangkan nontes digunakan untuk mengumpulkan data penerapan metode pembelaran kooperatif tipe CIRC dalam pembelajaran membaca pemahaman. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif-analitis sesuai dengan penerapan konsep penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, perapan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC, dalam dua siklus (lima kali pertemuan tatap muka) dapat meningkatkan secara signifikan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 3 Koto XI Tarusan dengan rata-rata peningkatan 16,32%. Kedua, siswa kelas VIII.1 cenderung menilai positif penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam pembelajaran membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman,metode pembelajaran kooperatif,CIRC
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 13 Oct 2025 07:21
Last Modified: 13 Oct 2025 07:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26826

Actions (login required)

View Item
View Item