Susanti, Nola (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Pendekatan Lingkungan Bagi Siswa Kelas IV SD Angkasa II Lanud Padang Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NOLA_SUSANTI_52130_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NOLA_SUSANTI_52130_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NOLA_SUSANTI_52130_2011.pdf
Download (240kB)
Abstract
Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran bahasa Indonesia dikelas IV SD Angkasa II Lanud Padang menunjukkan bahwa pembelajaran bahasaIndonesia terutama dalam menulis karangan masih dilaksanakan secarakonvensional, dimana dalam proses pembelajaran guru mendominasipembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode ceramah. Hal inimengakibatkan siswa kurang aktif dalam belajar dan hasil belajar yangdiperolehnya rendah. Untuk mengatasi permasalahan ini peneliti menggunakanpeningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan pendekatanlingkungan pada saat prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan.Penelitian tindakan Kelas bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatankemampuan menulis karangan deskripsi melalui pendekatan lingkunga.Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan lingkungan mempunyai langkahlangkah yaitu: tahap prapenulisan, tahan penulisan, dan tahap pascapenulisan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dibidang pendidikan danpengajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan kualitatif dankuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan observasi, catatanlapangan dan hasil.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan lingkunganmenulis dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelasIV SD. Hal ini tercermin dari siklus I tahap prapenulisan, tahap penulisan dantahap pascapenulisan kemampuan menulis siswa secara berturut-turut adalah63,68%, 61,44% dan 60,36% sehingga didapat rata-rata 61,83%, sedangkan padasiklus II kemampuan menulis siswa secara berturut-turut adalah 78,2%, 80%, dan87,96% sehingga didapat rata-rata 82,06%. Hal ini menunjukkan bahwa penelitiantindakan kelas untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsidengan menggunakan pendekatan lingkungan perlu diterapkan dan dikembangkandalam rangka peningkatan mutu pendidikan dimasa yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN MENULIS, KARANGAN DESKRIPSI |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 07:21 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 07:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26821 |