Riska, Sri Febrida (2011) Penyusunan Modul Pembelajaran Kimia Pokok Bahasan Atom, Ion, dan Molekul untuk Sekolah Menengah Pertama. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SRI_FEBRIDA_RISKA_84225_4431_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SRI_FEBRIDA_RISKA_84225_4431_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SRI_FEBRIDA_RISKA_84225_4431_2011.pdf
Download (160kB)
Abstract
Kimia merupakan salah satu bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang dipelajari oleh siswa mulai dari tingkat SMP, SMA, sampai perguruan tinggi. Pada tingkat SMP ilmu kimia dipelajari dalam mata pelajaran IPA. Kimia merupakan materi yang baru bagi siswa SMP, untuk itu guru harus mampu membuat siswa termotivasi untuk mempelajarinya. Kurangnya variasi media pembelajaran dan kecenderungan guru yang masih menyampaikan materi secara verbal mengakibatkan masih rendahnya aktivitas dan motivasi siswa dalam pembelajaran kimia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah merancang media pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dan merangsang keingintahuan siswa tentang materi kimia yang dipelajari, agar pembelajaran tersebut menjadi menarik dan tidak terasa sulit. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan seperangkat modul pembelajaran kimia pokok bahasan atom, ion, dan molekul yang telah teruji kelayakannya. Modul ini disusun dengan menggunakan program Microsoft Office Word 2007. Jenis penelitian ini adalah penelitian R & D (Research and Development). Modul yang disusun diujicobakan kepada 37 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang, 4 orang guru IPA SMP Negeri 31 Padang, dan 26 orang mahasiswa pendidikan kimia tahun IV FMIPA UNP. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara pemberian angket yang kemudian dianalisis dengan menggunakan skala Likert. Kelayakan dari media yang disusun didapatkan dari hasil analisis angket dengan skor kelayakan angket guru dan mahasiswa sebesar 3,31 dan dari angket siswa sebesar 3,35. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran pokok bahasan atom, ion, dan molekul baik dari segi isi, motivasi, kepraktisan, maupun tampilan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul pembelajaran, motivasi siswa, kimia SMP |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 07:19 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 07:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26812 |