Oktari, Sri Wulan (2012) Studi Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa yang Diberi LKS Berbentuk Word Square dengan Permainan Teka-teki Silang dalam Pembelajaran Berdasarkan Konstruktivisme di SMP Negeri 3 Gunung Talang Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_Sri Wulan Oktari_5346.pdf [thumbnail of final_B1_Sri Wulan Oktari_5346.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_Sri Wulan Oktari_5346.pdf
Download (598kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar biologi siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Gunung Talang dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain karena guru jarang menggunakan media dan strategi pembelajaran yang dapat menarik perhatian dan mengaktifkan siswa serta ketersediaan buku di perpustakaan sangat terbatas. Pemberian LKS berbentuk word square dan permainan teka-teki silang dalam pembelajaran berdasarkan konstruktivisme merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan hasil belajar Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diberi LKS berbentuk word square dengan permainan teka-teki silang dalam pembelajaran berdasarkan konstruktivisme pada Kelas VII SMP Negeri 3 Gunung Talang pada tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan The Static Group Comparation yang dimodifikasi. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling. Kelas eksperimen I (kelas VII ) dan kelas eksperimen II (kelas VII C D ) ditentukan secara acak. Instrumen yang digunakan adalah tes yang diberikan di akhir pembelajaran sebanyak 29 butir soal. Dari analisis data sampel yang terdistribusi normal dan memiliki varians homogen dilakukan uji kesamaan dua rata-rata menggunakan uji-t dengan kriteria t hitung < t . Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen I (75,205) tabel dan kelas eksperimen II (71,514). Berdasarkan hasil analisis data pada taraf nyata (α) = 0,05 dengan derajat kebebasan 42 didapatkan t hitung =1,296 dan harga t = 1,684, t hitung, < t . Dengan demikian tidak terdapat perbedaan hasil belajar. Namun, LKS berbentuk word square lebih baik dari pada LKS berbentuk permainan teka-teki silang pada taraf 0,15 dengan t tabel = 1,050. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS berbentuk word square lebih baik dari pada LKS berbentuk permainan teka-teki silang dalam pembelajaran berdasarkan konstruktivisme pada taraf kepercayaan 85%. Dengan kata lain hasil belajar biologi siswa yang diberi LKS berbentuk word square lebih baik daripada LKS berbentuk permainan teka-teki silang dalam pembelajaran berdasarkan konstruktivisme di SMP Negeri 3 Gunung Talang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar biologi, LKS word square, pembelajaran konstruktivisme |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 04:46 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 04:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26785 |