Penerapan Cooperative Learning Model Lingkaran Kecil-Lingkaran Besar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 01 Balai Ahad Lubuk Basung

Rezeki, Sri (2012) Penerapan Cooperative Learning Model Lingkaran Kecil-Lingkaran Besar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 01 Balai Ahad Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SRI REZEKI_50544_2012.pdf] Text
final_B1_SRI REZEKI_50544_2012.pdf

Download (879kB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Berdasarkan pengamatan peneliti ditemukan hasil belajar siswa rendah karena masih banyak siswa yang nilainya belum mencapai KKM yaitu 70, dari 24 siswa 18 orang yang nilainya dibawah KKM, sedangkan yang nilainya memenuhi KKM hanya 6 orang, untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan hasil belajar IPS dengan Penerapan Cooperative Learning Model Lingkaran Kecil–Lingkaran Besar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 01 Balai Ahad Lubuk Basung. Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari II siklus dengan empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Setelah dilakukan siklus I, kemudian dilakukan refleksi. Hasil refleksi yang dilaksanakan pada siklus I memberikan kesimpulan bahwa perlu dilaksanakan siklus II untuk memperbaiki (1) pelaksanaan pembelajaran yang meliputi: (a) persiapan pembelajaran, (b) penyajian materi, (c) kegiatan belajar kelompok, (d) Pemeriksaan terhadap hasil kegiatan kelompok, (e) mengerjakan soal evaluasi secara individu (f) pemeriksaan hasil evaluasi, (g) penghargaan kelompok, (2) hasil pemahaman terhadap pembelajaran. Setelah dilaksanakan siklus II, hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Penerapan Cooperative Learning Model Lingkaran Kecil–Lingkaran efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 01 Balai Ahad Lubuk Basung. Hasil penilaian penelitian siklus I pertemuan I ketercapaian yang diperoleh siswa 64, sedangkan pada siklus I pertemuan II hasil yang diperoleh siswa adalah 72. Sedangkan hasil penilaian penelitian siklus II pertemuan I ketercapaian yang diperoleh siswa 87, sedangkan pada siklus II pertemuan II hasil yang diperoleh siswa adalah 89. Telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklua II. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas dengan Penerapan Cooperative Learning Model Lingkaran Kecil–Lingkaran dapat meningkatkan hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: cooperative learning, hasil belajar, IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 10 Oct 2025 04:28
Last Modified: 10 Oct 2025 04:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26781

Actions (login required)

View Item
View Item