Rahmanita, Sri (2011) Pengaruh Penerapan Strategi Question Students Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam di SMA Negeri I Kubung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SRI RAHMANITA-77566-2011.pdf [thumbnail of final_B1_SRI RAHMANITA-77566-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SRI RAHMANITA-77566-2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Ketuntasan hasil belajar siswa belakangan ini menjadi sorotan utama dalam dunia pendidikan. Para siswa meskipun mendapat nilai yang tinggi dalam sejumlah mata pelajaran, namun mereka tampak kurang mampu menerapkan perolehannya, baik berupa pengetahuan, keterampilan maupun sikap kesituasi lain. Untuk itu perlu diupayakan stategi pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa. Salah satunya adalah strategi pembelajaran Question Student Have (QSH). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh dari penerapan strategi Question Student Have (QSH) terhadap hasil belajar siswa di SMAN I Kubung.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN I Kubung yang terdaftar tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain penelitian randomized control group only design, sehingga terpilih adalah siswa IPA 2 sebagai kelas ekperimen dan IPA sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Dari analisis data hasil belajar kognitif diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas ekperimen 70,90 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 61,77. Data sampel yang diperoleh bersifat normal dan homogen. Maka data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Setelah dilakukan uji-t pada taraf signitfikan 0,05, diperoleh t hitung 3 = 2,68 dan t = 1,67. Hasil yang diperoleh memperlihatkan bahwa t hitung > t tabel tabel , maka Ho ditolak atau hipotesis diterima, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang berarti pada hasil belajar kimia siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH.)
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran, hasil belajar, Question Student Have |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 04:27 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 04:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26779 |