Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SDN 01 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Rahayu, Sri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SDN 01 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SRI RAHAYU_2012.pdf] Text
final_B1_SRI RAHAYU_2012.pdf

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh pengamatan penelitian di lapangan bahwa pembelajaran IPS yang dilaksanakan oleh guru sering menggunakan pendekatanpembelajaran konvensional, dimana guru selalu menjadi pusat pembelajaran sehingga hasil belajar IPS siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) yang menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran itu sendiri (student centered). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran IPS di kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SDN 01 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus, Siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan, pada siklus II dilaksanakan dua kali pertemuan. Semua dilakukan dengan empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berupainformasi tentang proses dan data hasil tindakan yang di peroleh dari hasil pengamatan dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Together (NHT) dengan dua siklus menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS di SDN 01 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Rata-rata kelas hasil belajar siswa sebelum menggunakan pendekatan pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Together (NHT) adalah 57,33%. Setelah menggunakan pendekatan Cooperative Learning Tipe Numbered Together (NHT) rata-rata kelas hasil belajar siswa pada siklus I adalah 62,51% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 77,33%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pendekatan pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 01 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, hasil belajar, IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 10 Oct 2025 04:26
Last Modified: 10 Oct 2025 04:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26777

Actions (login required)

View Item
View Item