Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Anak Melalui Permainan Botol Putar di TK Bundo Kanduang Payakumbuh

Nurdian, Sri (2011) Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Anak Melalui Permainan Botol Putar di TK Bundo Kanduang Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SRI NURDIAN_51177_2011.pdf] Text
final_B1_SRI NURDIAN_51177_2011.pdf

Download (321kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti tentang kemampuan membaca dan menulis anak sangat rendah hal ini disebabkan karena masih banyak anak yang belum mengenal huruf, dan kurangnya alat permainan yang dapat memotivasi anak untuk melakukan kegiatan pembelajaran membaca dan menulis, sehingga kemampuan membaca dan menulis anak masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach ), dengan subjek penelitian adalah anak TK Bundo Kandung Payakumbuh khususnya pada kelompok B2 yang berjumlah 15 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi berupa portofolio hasil kerja anak selanjutnya diolah dengan teknik persentase. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca dan menulis anak. Pada siklus I peningkatan kemampuan membaca dan menulis anak terlihat masih rendah yaitu dengan nilai rata-rata anak mencapai 33,3% dan dilanjutkan pada siklus II peningkatan kemampuan membaca dan menulis anak meningkat menjadi 76%. Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan membaca dan menulis anak melalui permainan botol putar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca, kemampuan menulis, permainan botol
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 10 Oct 2025 04:26
Last Modified: 10 Oct 2025 04:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26775

Actions (login required)

View Item
View Item