Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas X SMAN 1 Padang Tahun Pelajaran 2010-2011

Yunanda, Martha (2011) Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas X SMAN 1 Padang Tahun Pelajaran 2010-2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MARTHA YUNANDA-83910-2011.pdf] Text
final_B1_MARTHA YUNANDA-83910-2011.pdf

Download (255kB)

Abstract

Siswa cendrung melakukan aktivitas lainnya yang tidak mendukung pembelajaran. Hasilnya mereka tidak bisa mengkonstruksi pengetauannya sendiri sehingga banyak dari mereka yang memperoleh nilai di luar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Melihat permasalahan ini, maka diterapkan model pembelajaran reciprocal teaching. Tujuannya untuk melihat aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan hipotesis pada penelitian ini yaitu hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Padang Tahun Pelajaran 2010-2011 yang mengikuti pembelajaran model reciprocal teaching lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Selanjutnya, pertanyaan penelitian pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan aktivitas siswa kelas X SMAN 1 Padang Tahun Pelajaran 2010-2011 dalam pembelajaran dengan model reciprocal teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control-Group Design. Sampel dipilih secara acak dari populasi penelitian yaitu siswa kelas X SMAN 1 Padang tahun ajaran 2010-2011. Berikutnya dipilih kelas X5 sebagai kelas kontrol dan X6 sebagai kelas eksperimen. Untuk mengambil data dari sampel, digunakan tes hasil belajar berupa tes essay dan lembar observasi aktivitas siswa. Dan data tes akhir siswa dianalisis mengunakan uji hipotesis yaitu uji t dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata nilai siswa kelas eksperimen 81,875 dan kelas kontrol 79,125. Sementara persentase ketuntasan nilai siswa kelas eksperimen 68,75% dan kelas control 56,25%. Dari hasil pengujian hipotesis dengan mengunakan software MINITAB 14 didapat P-value 0,041. P-value yang didapat < dari 0,05 artinya hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran model reciprocal teaching lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Dari data aktivitas terlihat adanya peningkatan aktivitas positif siswa. Ini berarti model pembelajaran reciprocal teaching mampu meningkatkan aktivitas siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING, PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 10 Oct 2025 03:59
Last Modified: 10 Oct 2025 03:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26769

Actions (login required)

View Item
View Item