Efektifitas Metode Eksperimen dalam Mengenalkan Proses Pertumbuhan Kacang Hijau pada Mata Pelajaran IPA untuk Anak Tunagrahita Ringan: Quasi Eksperimen di Kelas DV/C di SDLB Negeri 40 Koto Baru Kabupaten Solok

Nofriana, Silvia (2010) Efektifitas Metode Eksperimen dalam Mengenalkan Proses Pertumbuhan Kacang Hijau pada Mata Pelajaran IPA untuk Anak Tunagrahita Ringan: Quasi Eksperimen di Kelas DV/C di SDLB Negeri 40 Koto Baru Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NOFRIANA_SILVIA_72215_219_2011.pdf] Text
final_B1_NOFRIANA_SILVIA_72215_219_2011.pdf

Download (215kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa dalampembelajaran IPA di kelas DV/C di SDLB Negeri 40 Koto Baru Kabupaten Soloktidak mengenal proses pertumbuhan tumbuhan yang disebabkan penggunaanmetode kurang optimal dalam proses belajar mengajar. Peneliti membatasi padaproses pertumbuhan kacang hijau. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikanefektifitas metode eksperimen dalam mengenalkan proses pertumbuhan kacanghijau pada mata pelajaran IPA untuk anak tunagrahita ringan kelas DV/C diSDLB Negeri 40 Koto Baru Kabupaten Solok.Adapun hipotesis penelitian ini menggunakan kriteria pengujian Haditerima jika Uhit > Utab dan Ha ditolak jika Uhit ≤ Utab dalam membuktikan metodeeksperimen lebih efektif digunakan dibandingkan menggunakan metode ceramahdalam mengenal proses pertumbuhan kacang hijau pada mata pelajaran IPA untukanak tunagrahita ringan kelas DV/C di SDLB Negeri 40 Koto Baru KabupatenSolok.Pendekatan penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desainmatching pratest-posttes control group desing (desain kelompok kontrol pretestposttest berpasangan). Subjek penelitian ini berjumlah 8 anak kelas DV/C diSDLB Negeri 40 Koto Baru Kabupaten Solok. Pengumpulan data dalampenelitian ini menggunakan tes tertulis berupa soal objektif sebanyak 10 buah dandata yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji U Mann- Whitney.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Uhit = 1 dan pada taraf signifikan95% atau α = 0,05 diperoleh Utab = 0 untuk n = 8. Berdasarkan hasil tersebut makakriteria pengujian Uhit > dari Utab, terpenuhi, artinya Ha diterima dan digunakandalam mengenalkan proses pertumbuhan kacang hijau pada mata pelajaran IPAuntuk anak tunagrahita ringan kelas DV/C di SDLB Negeri 40 Koto BaruKabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERTUMBUHAN KACANG HIJAU, METODE EKSPERIMEN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Oct 2025 03:50
Last Modified: 10 Oct 2025 03:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26768

Actions (login required)

View Item
View Item