Pengaruh Penggunaan Siklus Activities, Class Discussion, Exercises dengan Modul Elektronik Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011

Revedi, Ryan Pratama (2011) Pengaruh Penggunaan Siklus Activities, Class Discussion, Exercises dengan Modul Elektronik Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RYAN PRATAMA REVEDI-77386-2011.pdf] Text
final_B1_RYAN PRATAMA REVEDI-77386-2011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran Matematika dengan pola guru aktif menyampaikan informasi
sementara siswa pasif menerima yang disampaikan oleh guru, telah membuat hasil
belajar siswa di SMP Negeri 13 menjadi rendah. Hal ini telihat dalam hasil belajar
Matematika Midsemester II pada SMP Negeri 13 Padang. Cara yang dapat dilakukan
untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah merancang pembelajaran yang
memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif berinteraksi dan berkomunikasi,
baik antar siswa maupun dengan guru, seperti pembelajaran menggunakan siklus
ACE (Activities, Class Discussion, Exercises) yang pembelajarannya menggunakan
komputer. Untuk mengetahui efektifitas penggunaan siklus ACE dengan modul
elktronik, dilakukan penelitian pada siswa kelas VII SMP N 13 Padang. Rumusan
masalah dalam penelitian ini yaitu apakah aktivitas siswa yang pembelajarannya
menggunakan modul elektronik akan mengalami peningkatan, dan apakah hasil
belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan siklus ACE lebih tinggi dari pada
siswa yang pembelajarannya konvensional. Hipotesis penelitian adalah hasil belajar
yang lebih baik akan terlihat pada kelas yang pembelajarannya menggunakan modul
elektronik, jika dibandingkan dengan kelas yang pembelajarannya konvensional.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Only
Design, dengan populasi siswa kelas VII SMPN 13 Padang. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah random sampling sehingga yang menjadi sampel
adalah kelas VII.8 dan VII 9 SMPN 13 Padang tahun pelajaran 2010/2011. Tujuan
penelitian untuk melihat aktivitas dan peningkatan hasil belajar matematika siswa
menggunakan siklus ACE dengan modul elektronik. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa 8 butir soal essay dan lembar
observasi yang diambil setiap pertemuan. Tes hasil belajar dianalisis menggunakan
uji perbedaan dua rata-rata (uji -t)
Dari hasil penelitian terlihat bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa pada
setiap pertemuan, mulai dari pertemuan pertama sampai pertemuan keenam. Rata-rata
hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan siklus ACE dengan modul
elektronik lebih tinggi yaitu sebesar 74,7 dan rata-rata hasil belajar siswa yang belajar
dengan menggunakan model konvensional yaitu sebesar 65,34. Dengan demikian
hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%.
i

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 10 Oct 2025 03:19
Last Modified: 10 Oct 2025 03:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26763

Actions (login required)

View Item
View Item