Irawana, Tri Juna (2011) Penggunaan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa di Kelas IV SDN 22 Koto Lalang Kec. Lubuk kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_TRI_JUNA_IRAWANA_07593_1206_2011.pdf [thumbnail of final_B1_TRI_JUNA_IRAWANA_07593_1206_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_TRI_JUNA_IRAWANA_07593_1206_2011.pdf
Download (247kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataaan di sekolah bahwa siswa dalam proses pembelajaran hanya pasif mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Dari segi proses pembelajaran, guru dalam pembelajaran PKn pada umumnya hanya menggunakan metode konvensional. Sehingga anak beranggapan bahwa pelajaran PKn hanya pelajaran hafalan. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran PKn dengan menggunakan metode problem solving pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2010/2011 di SD Negeri 22 Koto Lalang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang, dengan subjek penelitian berjumlah 10 orang, yang terdiri dari siswa laki-laki 7 orang dan siswa perempuan adalah 3 orang. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn. Hal ini terlihat dari pencapaian hasil belajar siswa pada akhir tindakan. Dimana dari aspek kognitif hasil belajar siswa terjadi peningkatan dari 6,5 nilai rata-rata pada siklus I menjadi 7,6 pada siklus II. Untuk ranah afektif nilai rata-rata siswa meningkat dari 6,46 pada siklus I menjadi 7,87 pada siklus II. Sedangkan untuk ranah psikomotor terjadi peningkatan nlai dari rata-rata 6,6 pada siklus I meningkat menjadi 7,59 pada siklus II. Melihat hasil penelitian ini, maka penelitian tindakan kelas dalam penggunaan metode problem solving pada pembelajaran PKn perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Problem Solving, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:15 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26740 |