Hidayati, Sri (2008) Penerapan Pendekatan PAKEM Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN 22 Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SRI HIDAYATI 81502-08.pdf [thumbnail of final_B1_SRI HIDAYATI 81502-08.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SRI HIDAYATI 81502-08.pdf
Download (159kB)
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan PAKEM pada pembelajaran IPA kelas IV. Pendekatan PAKEM diterapkan dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran yang biasa digunakan guru dirasakan kurang efektif dan kurang manarik bagi siswa sehingga berakibat kurang optimalnya penguasaan materi bagi siswa. Pelaksanaan pendekatan PAKEM yang dilakukan yaitu merancang dan mengelola kegiatan pembelajaran, menggunakan alat bantu dan sumber pembelajaran yang beragam, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan gagasannya sendiri secara lisan atau tulisan, menyesuaikan bahan dan kegiatan pembelajaran dengan kemampuan siswa, dan mengaitkan kegiatan pembelajaran dengan pengalaman siswa sehari-hari. Pada Penelitian ini, peneliti bertindak sebagai guru dan guru kelas IV dan teman sejawat bertindak sebagai observer. Pada hasil penelitian dengan jumlah siswa 26 orang pada siklus I, 1 orang mendapat nilai C (cukup), 11 orang mendapat nilai B (baik), 14 orang mendapat nilai SB (sangat baik). Pada penelitian siklus II dengan jumlah siswa 25 orang, 0 orang mendapat nilai C (cukup), 6 orang mendapat nilai B (baik), 19 orang mendapat nilai SB (sangat baik). Dari hasil penelitian di atas menunjukkan adanya keberhasilan penerapan pendekatan PAKEM hal ini dapat dilihat pada peningkatan hasil pembelajaran yang diperoleh oleh siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 22 Lubuk Begalung kota Padang. Pada lembar observer juga terlihat peningkatan proses pembelajaran dimana guru telah dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan di dalam kelas. Dari hasil penelitian, disarankan kepada guru, khususnya guru SD untuk menerapkan pendekatan PAKEM ini sebaik mungkin dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan PAKEM, Pembelajaran IPA, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:15 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26737 |